Pratiwi, Safira (2023) العوامل التي تسبب الصعوبات في تعلم اللغة العربية لطلاب الصف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثانية كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932500519_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932500519_bab1.pdf Download (360kB) |
|
Text
932500519_bab2.pdf Download (313kB) |
|
Text
932500519_bab3.pdf Download (302kB) |
|
Text
932500519_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
Text
932500519_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
|
Text
932500519_bab6.pdf Download (193kB) |
|
Text
932500519_daftarpustaka.pdf Download (197kB) |
|
Text
932500519_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
932500519_lembarpernyataan.pdf Download (304kB) |
Abstract
Safira Pratiwi. Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII di MTsN 2 Kediri. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2023. Dosen Pembimbing 1 Ahmad Sholihuddin, M.Pd. dan Dosen Pembimbing 2 Ratna Sa’idah, M.Ag. Kesulitan belajar adalah kurangnya kemampuan atau kesempatan belajar yang terkait dengan suatu kondisi di mana penglihatan, pendengaran, kesehatan, dan keterampilan sosial-emosional terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar Bahasa Arab siswa kelas VII di MTsN 2 Kediri. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian jenis kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian yang dipilih adalah MTsN 2 Kediri. Sedangkan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Bentuk kesulitan belajar Bahasa Arab siswa kelas VII meliputi kesulitan dalam Maharah Istima dan Maharah Kitabah. Kesulitan dalam Maharah Istima para siswa tidak bisa mendengar dan memahami teks hiwar dengan baik. Dari segi Maharah Kitabah para siswa mengalami belum terbiasa dengan metode Imla. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar Bahasa Arab siswa kelas VII meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya adalah adanya perbedaam kemampuan siswa, asumsi Bahasa Arab sulit, munculnya rasa jenuh ketika belajar, dan latar belakang pendidikan siswa. Sedangkan faktor eksternalnya adalah metode pembelajaran yang monoton, kurang pemanfaatan media, dan pengaruh lingkungan sosial. Solusi untuk mengatasi kesulitan belajar Bahasa Arab siswa kelas VII diantaranya guru menggunakan berbagai macam metode dan strategi pembelajaran. Selain itu guru memanfaatkan media guna membantu proses pembelajaran. Guru memberikan tugas kepada siswa guna mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang telah disampaikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Safira Pratiwi |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 03:14 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 03:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9903 |
Actions (login required)
View Item |