تطبيق الطريقة السمعية والشفاهية في تعليم مهارة االستماع في الفصل الحادي عشر بالمدرسة الثانوية الشيخ سوباكير عليكوك بليتار

Wati, Erna (2023) تطبيق الطريقة السمعية والشفاهية في تعليم مهارة االستماع في الفصل الحادي عشر بالمدرسة الثانوية الشيخ سوباكير عليكوك بليتار. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932500119_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932500119_bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932500119_bab2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
932500119_bab3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932500119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932500119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932500119_bab6.pdf

Download (315kB)
[img] Text
932500119_daftarpustaka.pdf

Download (240kB)

Abstract

ABSTRAK Ernawati. (1511). Dosen pembimbing : 3). Drs. Nurul Hnani M.Pd 1) Syamsul Ma’arif M. Pd. Implementasi metode audiolingual dalam pembelajaran maharah istima’ dikelas XI IPS madrasah aliyah syekh subakir nglegok blitar. Skripsi, program studi pendidikan bahasa arab IAIN Kediri 1511. Kata kunci : metode audiolingual,pembelajaran, maharah istima’. Dalam pembelajaran bahasa arab, ada beberapa keterampilan bahasa yang harus dicapai oleh peserta didik. Salah satunya yaitu keterampilan mendengar atau yang biasa disebut dengan maharah istima’. Di Madrasah aliyah syekh subakir khususnya kelas XI ips maharah istima’ merupakan keterampilan yang kurang diminati oleh siswa dan dianggap sulit oleh sebagian siswa. Hal itu dikarenakan latar belakang siswa yang berbeda beda. Oleh karena itu guru bahasa arab di Madrasah aliyah syekh subakir menerapkan metode audiolingual dalam pembelajaran maharah istima’. Metode audiolingual merupakan salah satu metode pengajaran bahasa arab yang mengutamakan latihan pendengaran dan pengucapan secara berulang ulang. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode audiolingual dalam pembelajaran maharah istima’ dikelas XI ips Madrasah aliyah syekh subakir nglegok blitar ?. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana implementasi metode audiolingual dalam pembelajaran maharah istima’ dikelas XI ips Madrasah aliyah syekh subakir nglegok blitar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Subjek dari penelitian ini adalah kepala madrasah, guru bahasa Arab dan siswa. Sedangakan objek dari penelitian ini adalah penggunaan metode Audio-lingual dalam pembelajaran maharah istima’ pada siswa kelas XI ips madrasah aliyah syekh subakir nglegok blitar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran maharah istima’ dengan metode audiolingual di kelas XI ips madrasah aliyah syekh subakir diawali dengan persiapan, seperti menyusun silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan mempersiapkan materi yang akan diajarkan. Kemudian langakah pelakasanaan, yaitu guru membacakan percakapan bahasa Arab, siswa menyimak, kemudian siswa menirukan percakapan bahasa Arab tersebut secara bersama-sama dan berulang-ulang, guru menterjemah percakapan tersebut, kemudian siswa mempraktikan percakapan tersebut bersama temannya secara bergantian. Kemudian langkah evaluasi, yaitu evaluasi tertulis dengan cara siswa menjawab soal-soal secara tertulis yang ada di buku paket, sedangakan evaluasi tidak tertulis yaitu dengan penilaian praktik berbicara yang dilakukan siswa. Adapun kelebihan dari metode audiolingual yakni suasana kelas menjadi hidup dan tidak diam, dan kelemahannya keaktifan peserta didik didalam kelas adalah keaktifan yang semu karena hany rangsangan dari guru.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ernawati Ernawati
Date Deposited: 27 Jun 2023 06:42
Last Modified: 27 Jun 2023 06:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8792

Actions (login required)

View Item View Item