فعالية وسيلة لعبة بنغو (Bingo) في اتقان الحوار لدى طلاب الصف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثالثة نجانجوك

Zahro, Khanifatu (2023) فعالية وسيلة لعبة بنغو (Bingo) في اتقان الحوار لدى طلاب الصف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثالثة نجانجوك. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932502319_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932502319_lembarpersetujuanpublikasi.pdf

Download (290kB)
[img] Text
932502319_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932502319_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932502319_bab3.pdf

Download (933kB)
[img] Text
932502319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932502319_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB)
[img] Text
932502319_bab6.pdf

Download (615kB)
[img] Text
932502319_lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932502319_daftar_pustaka.pdf

Download (870kB)

Abstract

Zahro, Khanifatu. 2023. Efektivitas Media Permainan Bingo terhadap Penguasaan Hiwar pada Siswa Kelas VII di MTsN 3 Nganjuk. Skripsi Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah. Instiut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Pembimbing (1) Dr. H. Ahmad Rifa’i, M.Pd dan (2) Maziyyatul Muslimah, M.Pd Kata Kunci: Media Permainan Bingo, Hiwar, Efektivitas MTsN 3 Nganjuk merupakan salah satu madrasah tingkat tsanawiyah terbaik di Kabupaten Nganjuk. Namun dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya hiwar masih kurang maksimal. Hal ini disebabkan karena pembelajaran bahasa Arab masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk membuat pembelajaran hiwar di MTsN 3 Nganjuk ini menggunakan media permainan bingo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media permainan bingo terhadap penguasaan hiwar dan mengetahui evektivitas media permainan bingo terhadap penguasaan hiwar pada siswa kelas VII di MTsN 3 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berupa metode eksperimen menggunakan desain non equivalent pretest and posttest control group design. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari rumusan masalah pertama yaitu bahwa langkah-langkah penerapan media permainan bingo sesuai dengan prosedur yang dicantumkan dalam buku Mel Silberman dengan sedikit penambahan. Adapun hasil yang diperoleh dari rumusan masalah yang kedua adalah Adapunhasil yang diperoleh dari perhitungan T hitung adalah 3,95 dan nilai tersebut lebih besar dari nilai signifikansi T tabel 0,05 (1,668). Maka berdasarkan dasar pengambilan keputusan uji T tesrebut H0 ditolak dan Ha diterima. Maka hal tersebut berarti terdapat efektivitas terhadap penguasaan hiwar pada siswa kelas VII di MTsN 3 Nganjuk.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Khanifatu Zahro
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:01
Last Modified: 05 Jun 2023 04:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8505

Actions (login required)

View Item View Item