مشكلات تعليم مهارة الكلام في مركز تعليم اللغة العربية بمعهد "والي سونجو" الإسلامي جوكير جومبانج

Husna, Sania Amirah (2022) مشكلات تعليم مهارة الكلام في مركز تعليم اللغة العربية بمعهد "والي سونجو" الإسلامي جوكير جومبانج. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932504218_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932504218_bab 1.pdf

Download (385kB)
[img] Text
932504218_bab 2.pdf

Download (588kB)
[img] Text
932504218_bab 3.pdf

Download (308kB)
[img] Text
932504218_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932504218_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text
932504218_bab 6.pdf

Download (245kB)
[img] Text
932504218_daftar pustaka.pdf

Download (223kB)
[img] Text
932504218_suratypernyataan.pdf

Download (369kB)

Abstract

Pondok Pesantren Walisongo Cukir Jombang mendirikan sebuah Lembaga Markaz At-Ta’lim Al-Lughah Al-Arabiyah bertujuan untuk memberi wadah belajar santri belajar bahasa Arab secara intensif. Yang mestinya tujuan agar santri mampu menguasai 4 maharah, pada faktanya, santri terbilang kurang baik kemampuannya khususnya maharah kalam. Dari kesenjangan tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti problematika yang dihadapi dan solusi apa yang dilakukan oleh Markaz At-Ta’lim Al-Lughah Al-Arabiyah. Tujuan Penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran maharah kalam 2) Untuk mengetahui permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran maharah kalam 3) Untuk mengetahui solusi yang dilakukan Markaz At-Ta’lim Al-Lughah Al-Arabiyah. Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, studi kasus dengan analisis deskriptif. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.. Sedangkan keabsahan datanya diperkuat melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pembelajaran maharah kalam di Markaz At-Ta’lim Al-Lughah Al-Arabiyah meliputi a) Perencanaan Pembelajaran dengan diadakannya RAKER setiap awal tahun pembelajaran b) Pelaksanaan Pembelajaran dengan dilakukan 3 hari dalam seminggu berdurasi 1jam dan Pembelajaran diluar kelas dilakukan 5 hari dalam seminggu berupa pemberian mufrodat baru c) Evaluasi. Pembelajaran Permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran maharah kalam Markaz At-Ta’lim Al-Lughah Al-Arabiyah a) Rendahnya motivasi belajar santri b) Waktu belajar yang sedikit c) Adanya heterogenitas dan dominasi d) Muncul stereotip tertentu di kalangan santri e) Sistem yang kurang tertata. Sedangkan solusi yang dilakukan antara lain: a) Pembagian kelas berdasarkan kemampuan santri. b) Pengkaderan tenaga ahli untuk disebar di setiap kamar c) Pembentukan kurikulum d)Penetapan buku acuan yang tetap e)Mengadakan event atau lomba berupa kegiatan Taqdimul Maharat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 Maharat al-Kalam (Speaking Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sania Amirah Husna
Date Deposited: 24 Mar 2023 06:53
Last Modified: 30 Mar 2023 06:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7926

Actions (login required)

View Item View Item