دور تدريس العربية المكثّف لترقية كفاءة المهارات اللغوية لطلاب قسم تعليم اللغة العربية المستوى الأول بالجامعة الإسلاميّة الحكوميّة كديري سنة الدراسية 2021/2022

Ulfah, Khofita Khotimatul (2022) دور تدريس العربية المكثّف لترقية كفاءة المهارات اللغوية لطلاب قسم تعليم اللغة العربية المستوى الأول بالجامعة الإسلاميّة الحكوميّة كديري سنة الدراسية 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932511318_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932511318_bab1.pdf

Download (569kB)
[img] Text
932511318_bab2.pdf

Download (890kB)
[img] Text
932511318_bab3.pdf

Download (732kB)
[img] Text
932511318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text
932511318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text
932511318_bab6.pdf

Download (517kB)
[img] Text
932511318_daftarpustaka.pdf

Download (572kB)
[img] Text
932511318_suratpernyataan.pdf

Download (300kB)

Abstract

ABSTRAK KHOFITA KHOTIMATUL ULFAH (932511318). Peran Pembelajaran Bahasa Arab Intensif dalam Meningkatkan Penguasan Keterampilan Berbahasa Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Kediri Tahun Ajaran2021/2022, Skripsi, Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri (IAIN) Kediri. Pembimbing (1) Ahmad Sholihuddin, M.Pd. dan Pembimbing (2) Eko Hartanto, S. Hum, M.Pd.I. Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Arab Intensif, Keterampilan Berbahasa, Peran Pembelajaran yang baik dalam meningkatkan keterampilan berbahasa adalah melalui pembelajaran intensif. Pembelajaran intensif berperan sebagai pengembangan potensi siswa untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan yang dimilikinya. Untuk itu prodi pendidikan bahasa Arab IAIN Kediri menghadirkan progam pembelajaran Tadris Bahasa Arab Intensif sebagai wadah untuk membekali mahasiswa dalam pembelajaran Keterampilan Berbahasa. Keterampilan Berbahasa adalah kemampuan menggunakan bahasa yang meliputi mendengar, berbicara, membaca, dan menulis.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan analisis non statistik dengan cara menganalisis isi hasil dari penelitian. Adapun data yang diperoleh peneliti dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dalam data yang diperoleh dari data primer, peneliti menggunakan teknik wawancara melalui media whatssapp dan google meet kepada sebagian dosen dan mahasiswa. Dan dalam data yang diperoleh dari data sekunder, peneliti menggunakan teknik dokumen yang berbentuk Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Buku pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab di program pembelajaran bahasa Arab intensif pada program studi bahasa Arab Institut Agama Islam Negeri Kediri tahun ajaran 2021/2022 dan untuk mengetahui bagaimana peran pembelajaran bahasa Arab intensif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa mahasiswa pendidikan bahasa Arab semester satu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran Bahasa Arab Intensif di program studi Bahasa Arab IAIN Kediri terdapat empat kelas yang mana dalam setiap kelas terdapat dua pengajar dan masing-masing pengajar memiliki strategi dalam mengajar. Dalam proses pembelajaran bahasa Arab intensif, terdapat materi-materi dasar yang diajarkan seperti materi keterampilan berbahasa, kosakata, qawaid, adad ma’dud dan lain sebagainya. Dan juga proses pembelajaran bahasa Arab intensif berkaitan dengan asas pembelajaran pada umunya yaitu asas apersepsi, motivasi, pengulangan, dan evaluasi. Selain itu, pembelajaran bahasa Arab intensif juga berperan dalam proses pembelajaran keterampilan berbahasa yaitu pembelajaran bahasa Arab intensif dalam menumbuhkan semangat belajar mahasiswa, pembelajaran bahasa Arab intensif dalam mengatasi latar belakang pendidikan yang berbeda-beda, dan pembelajaran bahasa Arab intensif dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Dan masing-masing dari peran tersebut terdapat kebebasan dosen dalam memilih strategi untuk mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Khofita Khotimatul Ulfah
Date Deposited: 26 Sep 2022 07:17
Last Modified: 26 Sep 2022 07:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6331

Actions (login required)

View Item View Item