Nafisah, Durotun (2024) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizalize terhadap Penguasaan Mufrodat Siswa Kelas VII di MTsN 5 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932506620_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932506620_bab1.pdf Download (416kB) |
|
Text
932506620_bab2.pdf Download (396kB) |
|
Text
932506620_bab3.pdf Download (353kB) |
|
Text
932506620_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (883kB) |
|
Text
932506620_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
|
Text
932506620_bab6.pdf Download (264kB) |
|
Text
932506620_daftarpustaka.pdf Download (338kB) |
|
Text
932506620_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
932506620_PernyataanPersetujuanPublikasi.pdf Download (159kB) |
Abstract
Kemampuan penguasaan kosakata bahasa Arab berperan penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar bahasa Arab. Hal tersebut terjadi salah satunya di MTsN 5 Kediri sebagaimana hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, bahwa peserta didik kelas VII kesulitan menguasai mufrodat. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut dalam konteks ini peneliti berinisiatif menggunakan media interaktif game berbasis kuis untuk mempermudah peserta didik menguasai mufrodat dan mempermudah pendidik dalam menyampaikan materi mufrodat menggunakan Quizalize. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penggunaan media quizalize dalam pembelajaran bahasa arab pada siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kediri. 2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media quizalize terhadap Penguasaan Mufrodat siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kediri. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Penelitian ini menggunakan instrument pengumpulan data tes dan observasi Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pre-test dan post-test). Dan analisa data menggunakan Uji T. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penggunaan media quizalize memberikan respon yang positif kepada siswa. Karena pada saat pembelajaran, siswa menunjukkan minat dan antusiasme yang besar dalam menggunakan media tersebut sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa. 2) Dapat dikatakan bahwa penerapan media pembelajaran quizalize berpengaruh dalam penguasaan mufrodat siswa. Hal ini terlihat dari hasil rata-rata nilai post-test siswa kelompok eksperimen (90,64) lebih besar dari kelompok kontrol (76,45). Hal ini semakin diperkuat dengan dilakukannya analisis hipotesis dengan nilai signifikansi 0,00 > 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti penggunaan metode quizalize berpengaruh terhadap penguasaan mufrodat siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kediri
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | DUROTUN NAFISAH |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 04:49 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 04:49 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13776 |
Actions (login required)
View Item |