فعالية استخدام وسيلة لعبة صندوق البطاقة السرية كوكامي (KOKAMI) في تقديم تعليم النحو في الفصل الثامن بمدرسة سبيل المتقين المتوسطة الإسلامية سومبرجا بوجونيغورو

Saidah, Sintha Nur (2023) فعالية استخدام وسيلة لعبة صندوق البطاقة السرية كوكامي (KOKAMI) في تقديم تعليم النحو في الفصل الثامن بمدرسة سبيل المتقين المتوسطة الإسلامية سومبرجا بوجونيغورو. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932507019_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932507019_bab1.pdf

Download (515kB)
[img] Text
932507019_bab2.pdf

Download (462kB)
[img] Text
932507019_bab3.pdf

Download (503kB)
[img] Text
932507019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text
932507019_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
932507019_bab6.pdf

Download (177kB)
[img] Text
932507019_daftarpustaka.pdf

Download (275kB)

Abstract

Abstrak: Sintha Nur Saidah. 2023. Efektivitas Penggunaan Media Permainan KOKAMI (Kotak Kartu Misterius) dalam Mengevaluasi Pembelajaran Nahwu di Kelas VIII MTs Sabilul Muttaqin Sumberrejo Bojonegoro. Skripsi Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Pembimbing (1) Dr. H. Ahmad Rifa’i, M.Pd dan (2) Maziyyatul Muslimah, M.Pd.I. Kata kunci: Efektivitas, Media Permainan KOKAMI, Nahwu. Pembelajaran nahwu merupakan pembelajaran yang berkaitan tentang kaidah- kaidah yang digunakan untuk mengetahui hukum dalam kalimat Arab seperti perubahan akhir kalimat, struktur kalimat serta bentuk kalimat. Untuk mempelajari ilmu tersebut dibutuhkan keaktifan, rasa senang dan bersemangat supaya dapat benar-benar memahaminya. Namun pada pembelajaran nahwu di kelas VIII MTs Sabilul Muttaqin Sumberrejo Bojonegoro, siswa masih kurang aktif dan semangat atau cenderung diam. Hal tersebut terjadi karena kurangnya komponen pembelajaran, khususnya dari segi media pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan media yang tepat untuk menjadikan siswa aktif dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan untuk mengevaluasinya, salah satunya adalah media permainan KOKAMI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Penggunaan dan efektifvitas media permainan KOKAMI (kotak kartu misterius) dalam mengevaluasi pembelajaran nahwu di kelas VIII MTs Sabilul Muttaqin Sumberrejo Bojonegoro. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen (One Group Pretest-Posttest Design) dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test. Hasil dari penelitian ini: 1) Penggunaan media permainan KOKAMI dalam mengevaluasi pembelajaran nahwu dilakukan dengan langkah-langkah berikut: (a)membagi/membuat kelompok dengan setiap kelompok beranggotakan 5-6 peserta didik, (b) setiap kelompok diwakili oleh ketua, (c) ketua kelompok dibantu oleh anggota dalam menyelesaikan isi pesan yang terdapat di dalam amplop yang sebelumnya telah di ambil oleh ketua kelompok, (d) membacakan isi/pesan yang diperoleh dari dalam amplop, (e)menyelesaikan pertanyaan/perintah yang terdapat dalam amplop, (f) isi/ pesan yang tidak selesai boleh diambil kelompok lain, (g) kelompok dengan skor tertinggi mendapatkan bonus, (h) kelompok dengan skor terendah mendapatkan sanksi. 2)Berdasarkan hasil uji Paired Sample T-Test nilai thitung = 5,68, dan untuk nilai ttabel = 1,761, maka nilai dari thitung > ttabel = 5,68 > 1,761. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa penggunaan media permainan KOKAMI (kotak kartu misterius) efektif dalam pembelajaran nahwu.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sintha Nur Saidah
Date Deposited: 23 Oct 2023 04:21
Last Modified: 23 Oct 2023 04:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10535

Actions (login required)

View Item View Item