إستجابة المعلّم والطلاب في تطبيق نموذج التعلّم الاستكشافي في تعلّم محو الأمية (Literasi)قراءة النصوص العربية لصف الثامن مدرسة المتوسطة الإسلامية نور الإيمان ديمبوك جومبانج

Nihayatul Muna, Nila (2023) إستجابة المعلّم والطلاب في تطبيق نموذج التعلّم الاستكشافي في تعلّم محو الأمية (Literasi)قراءة النصوص العربية لصف الثامن مدرسة المتوسطة الإسلامية نور الإيمان ديمبوك جومبانج. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932511019_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932511019_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932511019_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932511019_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932511019_bab3.pdf

Download (710kB)
[img] Text
932511019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text
932511019_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932511019_bab6.pdf

Download (457kB)
[img] Text
932511019_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
01.pdf

Download (330kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk 1) Menganalisis pelaksanaan penerapan model discovery learning dalam pembelajaran literasi membaca teks bahasa arab di Mts Nurul Iman Dempok. 2) Mengetahui Respon guru terhadap penerapan model discovery learning. 3) Mengetahui Respon siswa-siswi terhadap penerapan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data dari guru bahasa Arab dan siswa-siswi kelas VIII MTs Nurul Iman Dempok. Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan menggunakan metode berupa observasi, wwawancara, angket terbuka, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan, pembelajaran bahasa Arab menggunakan model discovery learning ini dilakuan dengan beberapa tahap yaitu pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan. Siswa kelas VIII mengungkapkan bahwa pembelajaran yang telah dilakukan menyenangkan dan tidak membosankan. Guru bahasa Arab menyatakan bahwa model discovery learning ini cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab dan akan menerapkannya pada pembelajaran bahasa Arab selanjutnya. Karena mengingat penggunaan model discovery learning ini sangat berperan dan sangat penting untuk kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2005 Literary Studies > 200527 Arabic Literature (al-Adab al-‘Arabī) > 20052704 Naqd al-Adab (Arabic Literary Criticism) - al-Nushush
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: NILA NIHAYATUL MUNA
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:28
Last Modified: 11 Aug 2023 06:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9547

Actions (login required)

View Item View Item