Octafiana, Nur Laili (2022) لترقية الدافعية الطلاب في تعليم اللغة STAD تأثير إستخدام نموذج التعليم التعاوني نوع العربية فصل الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية "إسلامية" سوكوهارجو فليماهان. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932500916_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932500916_bab1.pdf Download (157kB) |
|
Text
932500916_bab2.pdf Download (206kB) |
|
Text
932500916_bab3.pdf Download (210kB) |
|
Text
932500916_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
Text
932500916_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
|
Text
932500916_bab6.pdf Download (57kB) |
|
Text
932500916_daftarpustaka.pdf Download (96kB) |
|
Text
932500916_sp.pdf Download (173kB) |
Abstract
ABSTRAK NUR LAILI OCTAFIANA, 9325.009.16 Dosen pembimbing Ahmad Sholihuddin, M.Pd dan Bagus Andrian Permata M.Pd.I: “Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa arab siswa kelas VIII MTs Islamiyah Sukoharjo”. Fakul tas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institute Agama Islam Negeri Kediri, 2022. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD, Motivasi Belajar Bahasa arab peserta didik kelas VIII MTs. Islamiyah Sukoharjo Plemahan. Pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yang menggunakan kelompok kecil. Di mana Strategi ini dipandang sebagai metode yang paling sederhana dan merupakan model pembelajaran yang cukup baik untuk digunakan bagi pendidik yang baru menggunakan model pembelajaran kooperatif learning. Sehingga dengan adanya model pembelajaran ini sangat berguna untuk memudahkan pendidik dalam meningkatkan motivasi beljar Bahasa arab peserta didik. Dimana peserta didik yang duduk di kelas VIII tidak hanya lulusan dari madrasah ibtidaiyah, tetapi beberapa lulusan dari sekolah dasar. Dari hasil penelitian atau perhitungan data diatas uji normalitas Shapiro wilk menunjukan bahwa nilai signifikansi > 0,05. Dapat dilihat dari hasil penghitungan dengan menggunakan SPSS statistic 25 diperoleh nilai signifikansi 0,483 sedangkan hasil dari motivasi belajar 0,444. Maka data diatas berdistribusi normal pada taraf sifnifikansi 5%. Sedangkan Berdasarkan hasil dari uji homogenitas menunjukan bahwa nilai signifikansi > 0,05. Dapat dilihat dari nilai signifikansi 0,223. Maka data diatas berdistribusi homogen pada taraf sifnifikansi 5%. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan nilai F hitung adalah 4,268, dengan nilai signifikansi sebesar 0,045 kurang dari 0,05 maka dapat dikatakan adanya pengaruh antara variable X terhadap variable Y atau terdapat pengaruh antara model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD terhadap motivasi belajar siswa dalam pelajaran Bahasa arab. Atau bisa dilihat dari perhitungan tabel summary dikatakan bahwa uji regresi linier sederhana diatas dapat menjelaskan besarnya nilai korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0,301 dari nilai tersebut dapat diperoleh koefisien determinasi atau R squere sebesar 0,090. Yang mengandung pengertian pengaruh variable bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 43%%.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Nur Laili Octafiana |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 07:50 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 07:50 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8940 |
Actions (login required)
View Item |