مشكلات تعليم فن الخطّ في درس مهارة الكتابة لدى طلاب قسم تعليم اللغة العربية مرحلة السابعة جامعة كاديرى الإسلامية الحكومية

Sulistyani, Putri Eka (2023) مشكلات تعليم فن الخطّ في درس مهارة الكتابة لدى طلاب قسم تعليم اللغة العربية مرحلة السابعة جامعة كاديرى الإسلامية الحكومية. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932505019_prabab.pdf

Download (705kB)
[img] Text
932505019_bab1.pdf

Download (350kB)
[img] Text
932505019_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932505019_bab3.pdf

Download (314kB)
[img] Text
932505019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
932505019_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text
932505019_bab6.pdf

Download (158kB)
[img] Text
932505019_daftarpustaka.pdf

Download (285kB)
[img] Text
932505019_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
9325050_suratpernyataan.pdf

Download (166kB)

Abstract

ABSTRAK PUTRI EKA SULISTYANI, Dosen Pembimbing Dr. H. Ahmad Rifa’i, M. Pd dan Maziyyatul Muslimah, M. Pd.I, Problematika Pembelajaran Seni Kaligrafi ( Khat) Pada Maharah Kitabah Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Semster 7 Iain Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri 2019. Kata Kunci: Problematika, Seni kaligrafi (khat), Maharah Kitabah pada dasarnya Pendidikan adalah proses pengembangan diri seorang manusia secara keseluruhan dan dalam bidang kehidupan yang sesuai dengan keberadaan manusia itu sendiri. Dalam Hal Ini berarti upaya pendidikan harus didasarkan pada kesadaran akan tujuan yang akan dicapai. sama halnya dengan keterampilan Menulis adalah cara untuk mengungkapkan pendapat atau ide Dengan menulis media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Seni Kaligrafi (khat) prodi pendidikan bahasa arab di IAIN Kediri dan juga untuk Mengetahui problematika pembelajaran seni kaligrafi (khat) terhadap maharah kitabah mahasiswa prodi pendidikan bahasa arab di IAIN Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data dari pengampu serta mata kuliah khat araby, mahasiswa prodi penddidikan bahasa arab semseter 7 angkatan 2019, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan menggunakan metode berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan bawasanya dari latar belakang mahasiswa yang sudah pernah mempelajarinya serta ada juga yang tidak, oleh karena itu pembelajaran seni kaligrafi (khat) masih terdapat banyak problem, faktor antara yang lain adalah bawasanya mahasiswa masih sulit untuk mempelajari kaidah-kaidah yang telah ditetepkan, dikarenakan dalam pembelajaran seni kaligrafi ini terdapat banyak materi untuk menghasilkan suatu tulisan yang sangat bagus dan sesuai kaidah. Adapun penyebab adanya problem dalam pembelajaran yaitu: waktu yang kurang dalam pembelajaran, Gaya penulisan atau kemiringan setiap hurufnya, posisi penulisan yang kurang tepat mengakibatkan tidak kesempurnaannya tulisan, karakter huruf hijaiyyah yang berbeda-beda, dan yang terakhir tentang murokkab yang mana setiap huruf hijaiyyah hakikatnya tidak bisa berdiri sendiri tanpa adanya digandeng.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Putri Eka Sulistyani
Date Deposited: 27 Jun 2023 07:50
Last Modified: 27 Jun 2023 07:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8821

Actions (login required)

View Item View Item