فعالية لعبة “Nurokizu” على قدرة حفظ مفردات اللغة العربية لطلاب الصف السابع في المدرسة المتواسطة الإسلامية الحكومية الثانى عانجوك

Mafendi, Martia Zuhrufiana (2023) فعالية لعبة “Nurokizu” على قدرة حفظ مفردات اللغة العربية لطلاب الصف السابع في المدرسة المتواسطة الإسلامية الحكومية الثانى عانجوك. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932507919_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932507919_bab1.pdf

Download (943kB)
[img] Text
932507919_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932507919_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932507919_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932507919_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)
[img] Text
932507919_bab6.pdf

Download (850kB)
[img] Text
932507919_daftar pustaka.pdf

Download (589kB)
[img] Text
932507919_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932507919_sp.pdf

Download (301kB)

Abstract

ABSTRAK Martia Zuhrufiana Mafendi (932507919) Efektifitas Permainan Nurokizu Terhadap Kemampuan Menghafal Mufrodat Bahasa Arab Siswa Kelas VII di MTsN 2 Nganjuk Tahun 2022/2023, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah Institus Agama Islam Negeri Kediri, Pembimbing skripsi (1) M. Syamsul Ma’arif, M.Pd.I dan (2) Khoiru Nidak, M.Pd. Kata Kunci : Metode permainan nurokizu, menghafal mufrodat, bahasa arab Penelitian ini dilatar belakangi oleh 60% dari 226 siswa yang masih mengalami kesulitan menghafal kosa kata, serta kurang menariknya metode pembelajaran yang digunakan saat pembelajaran kosa kata. Untuk menyikapi permasalahan tersebut maka peneliti tertarik untuk menggunakan metode permainan nurokizu. Permainan nurokizu adalah salah satu permainan yang digunakan di pare dalam kegiatan kursus bahasa arab. Permainan ini menuntut konsentrasi dari setiap siswa dalam mengingat kosa kata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses penerapan metode permainan nurokizu dan mengetahui pengaruh penerapan menggunakan metode permainan nurokizu. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif eksperimen, jenis penelitiannya yaitu Quasi Eksperimen. Instrumen penelitian ini adalah tes. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, N-Gain Score dan uji hipotesis. Populasi dari penelitian ini 226 siswa dan sampel yang digunakan yaitu 32 siswa dari kelas kontrol dan 31 siswa dari kelas eksperimen. Pengambilan sampel yaitu menggunakan Purposive Sampling. Hasil penelitian ini yaitu 1) peneliti menerapkan metode permainan nurokizu kepada kelas eksperimen sebanyak 4 kali pertemuan. Kemudian peneliti membuat RPP untuk pelaksanaan permainan nurokizu. Yang pelaksanaan penerapan metode nurokizu diawali dengan kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. 2) Selain itu hasil perhitungan uji N-Gain score menunjukkan nilai rata-rata N-Gain Score kelas eksperimen adalah sebesar 93,6% termasuk kategori efektif. Dengan nilai minimal 52,94% dan maksimal 100%. Sedangkan nilai rata-rata uji N-Gain Score kelas kontrol sebesar 64,2% termasuk kategori cukup efektif. Dengan nilai minimal 00.00% dan maksimal 100%. Berdasarkan hasil SPSS 16, diketahui bahwa nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya “Hipotesis diterima”. Pembelajaran menggunakan metode permainan Nurokizu efektif terhadap kemampuan menghafal mufrodat siswa kelas VII pada pembelajaran Bahasa Arab di MTsN 2 Nganjuk Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Martia Zuhrufiana Mafendi
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:47
Last Modified: 22 Jun 2023 03:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8641

Actions (login required)

View Item View Item