Nisa', Khoirun (2023) فعالية إستخدام طريقة الشريف لترقية قدرة حفظ المفردات لطلاب الفصل الثاني بالمدرسة منبع العلوم الإبتدائية الإسلامية كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932512619_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932512619_bab1.pdf Download (2MB) |
|
Text
932512619_bab2.pdf Download (2MB) |
|
Text
932512619_bab3.pdf Download (2MB) |
|
Text
932512619_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932512619_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932512619_bab6.pdf Download (1MB) |
|
Text
932512619_daftarpustaka.pdf Download (2MB) |
|
Text
932512619_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
932512619_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (135kB) |
Abstract
KHOIRUN NISA’, Dosen Pembimbing KHOIRU NIDAK M.Pd dan M. SYAMSUL MA’ARIF M.Pd. Efektivitas Penggunaan Metode El Syarif untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosakata Siswa Kelas II MI Manbaul Ulum, Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023. Kosakata adalah salah satu dari komponen unsur bahasa yang paling penting yang harus dimiliki oleh pembelajar bahasa asing. Tetapi kenyataannya kosakata yang dihafal oleh siswa kelas dua MI Manbaul Ulum masih sedikit, serta guru belum menggunakan metode yang dapat membantu siswa dalam mempelajari Bahasa Arab. Oleh karena itu, perlu adanya metode pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode El Syarif dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosakata. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada kemampuan menghafal kosakata siswa kelas dua sebelum dan sesudah diadakan treatment. Subjek penelitian ini adalah kelas dua sejumlah 20 siswa di MI Manbaul Ulum Kediri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode El Syarif untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosakata siswa kelas dua MI Manbaul Ulum Kediri tergolong efektif. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil perolehan nilai pre test dan post test yang dicapai. Hasil nilai rata-rata dari pre test adalah 56,87 dan 78,75 untuk post test. Hasil uji paired sample T test juga menunjukkan bahwa diperoleh nilai sig. (2-tailed ) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat peningkatan kemampuan menghafal kosakata. Serta untuk uji t diperoleh dengan nilai t hitung 7.093 > t tabel 2.093 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, terdapat keefektifan penggunaan metode El Syarif untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosakata siswa kelas II MI Manbaul Ulum Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Khoirun Nisa' |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 07:06 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 07:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8626 |
Actions (login required)
View Item |