مشكلات تدريس اللّغة العربية باستخدام المقاربة العلميّة (Pendekatan Saintifik) لطلاّب الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ۱ نجانجوك

Nikmah, Maskhurotun (2023) مشكلات تدريس اللّغة العربية باستخدام المقاربة العلميّة (Pendekatan Saintifik) لطلاّب الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ۱ نجانجوك. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932511219_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932511219_bab1.pdf

Download (269kB)
[img] Text
932511219_bab2.pdf

Download (386kB)
[img] Text
932511219_bab3.pdf

Download (327kB)
[img] Text
932511219_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
932511219_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
932511219_bab6.pdf

Download (241kB)
[img] Text
932511219_daftarpustaka.pdf

Download (339kB)
[img] Text
932511219_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
932511219_suratpernyataan.pdf

Download (119kB)

Abstract

ABSTRAK Nikmah, Maskhurotun. 932511219. 2023. Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Pendekatan Saintifik Siswa Kelas VIII MTsN 1 Nganjuk. Skripsi. Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri Kediri. Dosen Pembimbing (1) Dr. Yuyun Zunairoh, M.Pd. dan (2) Nur Khamidah, S.S., M.Hum. Kata Kunci: Problematika Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan Saintifik. Amiruddin mengemukakan bahwa problematika dalam pembelajaran Bahasa Arab merupakan suatu faktor yang dapat memperlambat sekaligus menghalangi proses pelaksanaan belajar mengajar dalam mata pelajaran bahasa Arab. Problema-problema tersebut muncul dari dalam Bahasa Arab itu sendiri (linguistik), non linguistik, atau di kalangan pendidik, peserta didik itu sendiri. Pendekatan saintifik (scientific approach) disebut juga sebagai pendekatan ilmiah. Pendekatan saintifik identik dengan proses pembelajaran pada kurikulum 2013, sekaligus menjadi ciri khas dari kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini yakni untuk: 1) Mengetahui apa saja problematika dan faktor penyebabnya yang dialami oleh peserta didik kelas VIII MTsN 1 Nganjuk selama pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan pendekatan saintifik. 2) Mengetahui solusi yang diberikan oleh pendidik untuk mengatasi problematika yang dialami oleh peserta didik kelas VIII MTsN 1 Nganjuk selama pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yakni: Problematika pembelajaran Bahasa Arab menggunakan pendekatan saintifik diantaranya: Problematika Linguistic, Problematika Nonlinguistik dan Problematika Penggunaan Pendekatan Saintifik. Kemudian upaya yang dilakukan oleh pendidik untuk mengatasi problem tersebut diantaranya: Untuk problematika linguistik yakni memberikan pelajaran tambahan yakni BMQ, memperbanyak latihan-latihan qowa’id saat mengajar. Untuk problematika nonlinguistik, yakni memberikan nasehat, memberikan semangat, dan memberi motivasi, memilih metode atau media pembelajaran yang sesuai, memanfaatkan fasilitas sekolah yang ada semaksimal mungkin. Untuk problematika penggunaan pendekatan saintifik yakni mengikuti MGMP, memakai TIP atau media visual untuk pembelajaran di selain kelas excellen.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Maskhurotun Nikmah
Date Deposited: 25 May 2023 08:03
Last Modified: 25 May 2023 08:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8399

Actions (login required)

View Item View Item