تأثير طريقة السؤال والجواب لمادة النحو على مهارة قراءة الكتب لطلبة معهد نور الهداية الفلاح بونججينج موجوكرطا

Umroh, Siti Faridhotul (2022) تأثير طريقة السؤال والجواب لمادة النحو على مهارة قراءة الكتب لطلبة معهد نور الهداية الفلاح بونججينج موجوكرطا. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932502817_prabab.pdf

Download (4MB)
[img] Text
932502817_bab1.pdf

Download (383kB)
[img] Text
932502817_bab2.pdf

Download (453kB)
[img] Text
932502817_bab3.pdf

Download (469kB)
[img] Text
932502817_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
932502817_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
932502817_bab6.pdf

Download (256kB)
[img] Text
932502817_daftarpustaka.pdf

Download (258kB)
[img] Text
932502817_suratpernyataan.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK SITI FARIDHOTUL UMROH, Dosen Pembimbing (1) Ahmad Sholihuddin, M.Pd Dosen Pembimbing (2) Maziyyatul Muslimah, M.Pd.I : Pengaruh Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Nahwu Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Santri Nurul Hidayah Al-Falah Pungging Mojokerto. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata kunci : Metode Tanya Jawab, Nahwu, Kemampuan Membaca Pembelajaran kitab kuning biasa dibarengi dengan pembelajaran kaidah-kaidah bahasa Arab salah satunya n ilmu nahwu. Banyak metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran kaidah bahasa. Guru pada Madrasah Diniyah Ponpes Nurul Hidayah Al-falah ini menggunakan metode tanya jawab guna untuk mengetahui pemahaman santri dalam mata pelajaran kaidah bahasa Arab yang mana mata pelajaran tersebut adalah salah satu kunci keberhasilan dalam membaca kitab. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu : (1) Bagaimana penggunaan metode tanya jawab pada mata pelajaran nahwu pada santri Nurul Hidayah Al-Falah Pungging Mojokerto? (2) Bagaimana kemampuan membaca kitab kuning santri Nurul Hidayah Al-Falah Pungging Mojokerto? (3) Apakah ada pengaruh dalam penggunaan metode tanya jawab mata pelajaran nahwu terhadap kemampuan membaca kitab kuning pada santri Nurul Hidayah Al-Falah Pungging Mojokerto? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang mana teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, angket dan tes. Sumber data dalam penelitian ini adalah santri kelas VI Ibtida’ Madrasah Diniyah Ponpes Nurul Hidayah Al-Falah Pungging Mojokerto. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : dari hasil perhitungan IBM SPSS Version 24 diperoleh r product moment sebesar -0,188 yang menunjukkan tidak ada hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Kemudian persamaan regresi yang diperoleh adalah sebagai berikut : Y = a + (-b)X atau Y = a – bx = 90,690 – 0,075X untuk R square sebesar 0,035 yang artinya besar sumbangan variabel terikat dalam mempengaruhi variabel bebas adalah hanya sebesar 3,5% sedangkan sisanya adalah 96,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ha) ditolak sedangkan hipotesis nol (Ho) diterima, yang berarti tidak ada pengaruh dari penggunaan metode tanya jawab pada mata pelajaran nahwu terhadap kemampuan membaca kitab kuning pada santri kelas VI Ibtida’ Pondok Pesantren Nurul Hidayah Al-Falah Pungging Mojokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Faridhotul Umroh
Date Deposited: 24 Mar 2023 01:41
Last Modified: 24 Mar 2023 01:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8001

Actions (login required)

View Item View Item