Hidayati, Mega Putri (2021) تأثير إتقان قواعد اللغة في قدرة قراءة كتاب التراث لطلاب دورة "كنز اللغة" بباري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932504317_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932504317_bab1.pdf Download (664kB) |
|
Text
932504317_bab2.pdf Download (670kB) |
|
Text
932504317_bab3.pdf Download (685kB) |
|
Text
932504317_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) |
|
Text
932504317_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
|
Text
932504317_bab6.pdf Download (196kB) |
|
Text
932504317_daftarpustaka.pdf..pdf Download (1MB) |
|
Text
932504317_suratpernyataan.pdf Download (304kB) |
Abstract
ABSTRAK Mega Putri Hidayati, Pembimbing Pertama Dr. Ahmad Rifa’i, M. Pd Pembimbing kedua Nur Khamidah,S.S, M.Hum. Pengaruh Penguasaan Qowaid Al-Lughoh Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Klasik Untuk Siswa di Lembaga Kursus Kanzul Lughah Pare. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Qowaid al-lughoh, Membaca, Kitab Klasik Penelitian ini membahas tentang pengaruh penguasaan qowaid al-lughoh terhadap kemampuan membaca kitab klasik untuk siswa di lembaga kursus kanzul lughah pare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana tingkat penguasaan qowaid al-lughoh di lembaga kursus kanzul lughah pare. (2) Bagaimana tingkat kemampuan membaca kitab klasik di lembaga kursus kanzul lughah pare. (3) Pengaruh penguasaan qowaid al-lughoh terhadap kemampuan membaca kitab klasik untuk siswa di lembaga kursus kanzul lughah pare. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data qowaid al-lughoh dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi yang diberikan oleh ustadz, sedangkan pengumpulan data kemampuan membaca kitab klasik dilakukan dengan menggunakan teknik tes berupa tes lisan. Jumlah populasi dalam penelitian ini ialah 30 siswa dan sampel yang digunakan ialah 30 siswa di Lembaga Kursus Kanzul Lughah pare. Metode yang digunakan untuk analisis hipotesis ialah dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat penguasaan qowaid allughoh termasuk dalam kategori tinggi dengan frekuensi sebanyak 17 peserta didik dengan presentase 56,6%, kategori sedang sebanyak 8 peserta didik dengan presentase 26,6%, dan kategori rendah sebanyak 5 peserta didik dengan presentase 16,6%. (2) Kemudian tingkat kemampuan membaca kitab klasik termasuk dalam kategori tinggi dengan 20 peserta didik dengan presentase 66,6%, kategori sedang sebanyak 7 peserta didik dengan presentase 23,3%, dan kategori rendah sebanyak 3 peserta didik dengan presentase 10%. (3) ada pengaruh yang signifikan antara penguasaan qowaid allughoh terhadap kemampuan membaca kitab klasik sebesar 60,8% berdasarkan nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,608.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040901 'Ilmu al-Nahw (Arabic Syntax and Grammar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mega Putri Hidayati |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 06:32 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 06:32 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7597 |
Actions (login required)
View Item |