Dharma, Kukuh Budhi (2021) تقويم المناهج المتكاملة للغة العربية بالمدرسة اإلبتدائية )دراسة الحاالت في المدرسة اإلبتدائية األزهر مدينة كديري و المدرسة اإلبتدائية بنا إنساني كديري بالنظر ية السياقية و المدخالت و ( Stufflebeam CIPP العمليات و النواتج لستفلبيم. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92300819034_prabab.pdf Download (981kB) |
|
Text
92300819034_bab1.pdf Download (567kB) |
|
Text
92300819034_bab2.pdf Download (768kB) |
|
Text
92300819034_bab3.pdf Download (417kB) |
|
Text
92300819034_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) |
|
Text
92300819034_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
Text
92300819034_bab6.pdf Download (402kB) |
|
Text
92300819034_daftar_pustaka.pdf Download (378kB) |
|
Text
92300819034_pernyataan_upload.pdf Download (190kB) |
Abstract
Kukuh Budhi Dharma. Pembimbing Pertama, Dr. Nurul Hanani, M.Hi. Pembimbing Kedua, Dr. Noer Hidayah, M.Si. Evaluasi Kurikulum Terpadu Pada Pelajaran Bahas Arab di Sekolah Dasar (Studi Multikasus di SDIT Al Azhar Kota Kediri dan SDIT Bina Insani Kabupaten Kediri). Tesis. Kediri: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana IAIN Kediri, 2019. Kata Kunci : Cipp, Kurikulum Terpadu, Dan Bahasa Arab Penelitian ini mengkaji terkait evaluasi kurikulum terpadu bahasa arab di Jenajang Sekolah Dasar dengan menggunakan teori CIPP milik Stuflebuem. Berdasarkan tema tersebut dirumuskan dua hal : 1) Bagaimana Evaluasi Contex dan Input kurikulum terpadu bahasa Arab di SDIT Al Azhar dan SDIT Bina Insani Kediri, 2) Bagaimana evaluasi Process dan Produc kurikulum terpadu bahasa Arab di SDIT Al Azhar dan SDIT Bina Insani Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan Studi Multikasus di lembaga SDIT Al Azhar dan SDIT Bina Insani Kediri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer terkait penelitian ini didapat dari beberapa informan, antara lain; Kepala Sekolah, Waka. Kurikulum, dan peampu mata pelajaran bahasa Arab, pada kedua lembaga. Sedangkan data sekunder atau pendukung di dapatkan dari dukumentasi sekolah, serta bebarapa karya ilmiyah yang relevan dengan tema penelitian ini. Berdasarkan pertayaan yang telah dirumuskan, bahwa evalusi kurikulum terpadu bahasa Arab di lembaga SDIT Al azhar dan SDIT Bina Insani Kediri menurut teori CIPP (Contex, Input, Process, dan Produc) Stuflubuem. Sebagai berikut; 1) berdasarkan evaluasi Contex dan Input di Sdit Al Azhar dan Bina Insani, dapat disimpulkan a) Keduanya mempunyai label yang sama namun berbeda dalam integrasi kurikulum jika Sdit Al Azhar memadukan kurikulum Diknas, kemenag, dan kurikulum sekolah. Sedang Sdit Bina Insani Memadukan kurikulum Diknas dan Jsit. b) kualifikasi tenaga pendidik di Sdit Al Azhar sudah sesuai bidang dan kulifikasi pendidikan, sedangkan di Sdit Bina Insani masih belum. c). Perangkat pembelajaran, di sdit Al Azhar tidak ada inovasi didalamnya sedangkan di Sdit Bina Insani ada, 2) berdasarkan evaluasi process dan Produc dapat disimpukan sebagai berikut; a) bahan ajar bahasa Arab yang digunakan di Sdit Al Azhar meruapakan buku K 13 milik Kemenag. Sedangkan Sdit Bina Insani Menggunakan buku milik Jsit. b) sarana pembelajaran kedua sudah sesuai standart hanya saja lokal kelas di Sdit Al Azhar kurang proporsional, c) pekerjaan rumah (PR) di Sdit Al Azhar masih berlaku, sedangkan di Sdit Bina Insani tidak di perkenankan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Kukuh Budhi Dharma |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 03:50 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 03:50 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6781 |
Actions (login required)
View Item |