فعالية نموذج تعلم الدائرة (Circuit Learning) لترقية مهارة الكلام لدى طلاب الصف العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية 1 موجوكرتو

Hasan, Mukhammad Irfa' (2022) فعالية نموذج تعلم الدائرة (Circuit Learning) لترقية مهارة الكلام لدى طلاب الصف العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية 1 موجوكرتو. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932503018_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932503018_bab1.pdf

Download (431kB)
[img] Text
932503018_bab2.pdf

Download (455kB)
[img] Text
932503018_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
932503018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text
932503018_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text
932503018_bab6.pdf

Download (154kB)
[img] Text
932503018_daftarpustaka.pdf

Download (191kB)
[img] Text
932503018_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab memiliki beberapa keterampilan, salah satu keterampilan dalam pembelajaran bahasa Arab adalah keterampilan berbicara (Maharah kalam). Dalam pembelajaran maharah kalam dibutuhkan keaktifan, pembiasaan, serta kreativitas dalam berbicara bahasa Arab. Namun pada pembelajaran maharah kalam di kelas X MAN 1 Mojokerto, siswa masih kurang aktif dan belum terbiasa dalam berbicara dengan Bahasa Arab. Hal ini terjadi karena kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran maharah kalam sehingga menyebabkan kreativitas siswa untuk berbicara bahasa Arab kurang terasah. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang tepat untuk membiasakan siswa dalam berbicara Bahasa Arab, salah satunya adalah model pembelajaran Circuit Learning. Tujuan penelitian ini: 1) Penerapan model pembelajaran Circuit Learning untuk meningkatkan maharah kalam siswa kelas X MAN 1 Mojokerto, 2) Efektivitas model pembelajaran Circuit Learning untuk meningkatkan maharah kalam siswa kelas X MAN 1 Mojokerto. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen )non equivalent pretest-posttest control group design) dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas X MAPK sebagai kelas eksperimen dan kelas X Agama sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample t-Test. Hasil penelitian: 1) Penerapan model pembelajaran Circuit Learning dapat meningkatkan maharah kalam siswa kelas X MAN 1 Mojokerto. Hal ini diketahui dari hasil prosentase pre-test sebelum diterapkan model pembelajaran dan post-test kelas eksperimen setelah diterapkan model pembelajaran Circuit Learning terdapat peningkatan menjadi 77% dari kemampuan awal. Hasil rata-rata pre-test kelas eksperimen sebelum diterapkan model pembelajaran Circuit Learning adalah 53,2 dan hasil rata-rata post-test kelas eksperimen setelah diterapkan model pembelajaran Circuit Learning adalah 84,85. Sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Circuit Learning untuk meningkatkan maharah kalam berjalan dengan baik, 2) Hasil analisis uji t diperoleh t hitung 4,52 dengan df 46 lebih besar dari t-tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 1,768 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun hasil analisis data SPSS diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Circuit Learning efektif untuk meningkatkan maharah kalam siswa kelas X MAN 1 Mojokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 Maharat al-Kalam (Speaking Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mukhammad Irfa' Hasan
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:34
Last Modified: 08 Sep 2022 03:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5913

Actions (login required)

View Item View Item