تطبيق تعليم اللغة العربية المكثف فصل نافيرا ( نهضة الراغبين في اللغة العربية ) في المدرسة الثانوية الإسلامية دار السلام ننجيسونج سينجون جومبانج ( Ngesong Sengon Jombang)

Sholahuddin, Muh (2022) تطبيق تعليم اللغة العربية المكثف فصل نافيرا ( نهضة الراغبين في اللغة العربية ) في المدرسة الثانوية الإسلامية دار السلام ننجيسونج سينجون جومبانج ( Ngesong Sengon Jombang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932505118_prabab.pdf

Download (587kB)
[img] Text
932505118_bab1.pdf

Download (370kB)
[img] Text
932505118_bab2.pdf

Download (406kB)
[img] Text
932505118_bab3.pdf

Download (258kB)
[img] Text
932505118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
932505118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
932505118_bab6.pdf

Download (215kB)
[img] Text
932505118_daftarpustaka.pdf

Download (861kB)

Abstract

ABSTRAK Sholahuddin, Muhammad. 2022. Implementasi Kelas Intensif NAFIRA Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MA Darussalam Ngesong Sengon Jombang. Fakultas Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Pembimbing (1) Dr. H. Ahmad Rifai, M.Pd dan (2) Maziyyatul Muslimah, M.Pd.I Kata Kunci : Program Kelas Intensif, dan Kelas NAFIRA Dalam pra penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa Implementasi Program pembelajaran Intensif Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Darussalam NgesongSengon Jombang. siswa lebih unggul dalam berbahasa arab seperti bercakap-cakap menggunakan Bahasa arab, pelafalan yang tepat. Madrasah Aliyah Darussalam Ngesong-Sengon Jombang adalah salah satu Madrasah yang melaksanakan Program pembelajaran Bahasa Arab, dan menjadikan salah satu syarat dalam kenaikan kelas, Wustho dan Ula. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan Studi Kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasi penelitian diperoleh melalui Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Penanggung Jawab program pembelajaran kelas Intensif Bahasa Arab, Ketua program NAFIRA pembelajaran Bahasa Arab, Guru pengajar Bahasa Arab, dan Siswa MA Darussalam Ngesong-Sengon Jombang. Hasil penelitian menunjukan bahwa rangkaian kegiatan Program pembelajaran Bahasa Arab yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Darussalam Ngesong-Sengon Jombang adalah sebagai berikut: (1) Perencanaan Program pembelajaran Bahasa Arab melalaui empat tahap kegiatan; (a) Penetapan Program Pembelajaran, (b) Penyusunan materi pelajaran, (c) Penggunaan media pembelajaran dan (d) Penentuan dan pendekatan pembelajaran, (2) Evaluasi pembelajaran Bahasa Arab melalaui dua tahap kegiatan; (a) Mengadakan Evaluasi dan penilaian hasil belajar, (b) Mengadakan perbaikan dan tindak lanjut. Dalam penerapan kelas nafira terdapat kekurangan dan kelebihannya, kelebihan : siswa dapat memahami Bahasa arab lebih mudah, meningkatkan kemampuan berkomunikasi Bahasa arab dalam percakapan. Sedangkan kekurangan dalam penerapan kelas nafira bukan kekurangan yang serius seperti kurangnya ruang kelas, sehingga siswa harus belajar di serambi masjid.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh. Sholahudin Sholahudin
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:08
Last Modified: 02 Sep 2022 03:08
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5677

Actions (login required)

View Item View Item