Sholihah, Ameiliana Putri Indah (2022) جهود المعلّم في التغلب على مشكلات تعليم اللغة العربية في عصر الجائحة على طلاب الصف العاشر في مدرسة الثانوية الحكومية الواحدة جرسيك. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932500218_Prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932500218_bab1.pdf Download (455kB) |
|
Text
932500218_bab2.pdf Download (932kB) |
|
Text
932500218_bab3.pdf Download (757kB) |
|
Text
932500218_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (980kB) | Request a copy |
|
Text
932500218_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (854kB) | Request a copy |
|
Text
932500218_bab6.pdf Download (546kB) |
|
Text
932500218_daftar_pustaka.pdf Download (650kB) |
|
Text
932500218_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Ameiliana Putri Indah Sholihah, 2022. Upaya guru dalam mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab di masa pandemi pada siswa kelas X MAN 1 Gresik. Skripsi. Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Pembimbing (1) Dr. Yuyun Zunairoh, M. Pd (2) Moh. Sholeh Afyuddin, M. Pd. I Kata Kunci: Upaya guru, Pembelajaran bahasa Arab, Masa pandemi Dalam dunia pendidikan, bahasa Arab menjadi salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan di sekolah formal dari tingkat Mi, MTs, MA, Perguruan Tinggi dan diajarkan juga di lembaga nonformal seperti pondok pesantren, madrasah diniyah dan lembaga-lembaga kursus. Mempelajari bahasa Arab merupakan kewajiban agama. Dalam proses pembelajaran selama masa pandemi pastinya masih ditemukan beberapa problem yang harus dihadapi dan guru harus mengatasi problem tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data induktif dan pengecekan keabsahan data adalah perpanjangan penelitian dan pengamatan yang tekun. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa problematika pembelajaran bahasa Arab diantaranya metode pembelajaran, media pembelajaran, sarana dan prasarana, karakteristik peserta didik, materi ajar, pemahaman peserta didik dan kemampuan guru dalam mengajar. Kemudian upaya dalam mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab diantaranya memilih metode yang sesuai dengan pembelajaran daring seperti metode ceramah dan diskusi singkat, memanfaatkan media pembelajaran seperti youtube, quizizz dan media permainan, menggunakan dan memanfaatkan sarana yang ada dengan baik dan terkadang guru memberikan kuota gratis pada siswa yang kurang mampu, melakukan interaksi langsung antara guru dan siswa, memberikan dorongan dan motivasi, mencari referensi dari buku literatur, google, youtube, memberikan contoh dengan mengaitkan kehidupan sehari-hari dan memberikan latihan untuk evaluasi pembelajaran melalui media quizizz dan lainnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ameiliana Putri Indah Sholihah |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 01:34 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 01:34 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5314 |
Actions (login required)
View Item |