تعليم مهارة الكلام لطلاب الجدد بمعهد دار المعرفة كونتور الثالث سومبر جانكريغ كوراه كديرى

Rizki, Sakdan (2021) تعليم مهارة الكلام لطلاب الجدد بمعهد دار المعرفة كونتور الثالث سومبر جانكريغ كوراه كديرى. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
prabab.pdf

Download (916kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (739kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (722kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text
bab 6.pdf

Download (554kB)
[img] Text
daftapustaka.pdf

Download (453kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
suratpernyataan.pdf

Download (343kB)

Abstract

ABSTRAK Alfan yulianto pratama, Dosen Pembimbing Khoiru Nida, M.Pd.I dan Muhammad samsul ma’arif, M.Pd.I: Pola pembelajaran maharah kalam untuk santri baru pondok modern gontor 3 sumbercangkring gurah kediri. Kata kunci: Metode Pembelaajaran, Maharah Kalam Di dalam dunia proses pembelajaran bahasa, kemampuan menggunakan bahasa disebut “kemahiran berbicara”(maharah kalam). Pada umumnya, semua pakar bahasa telah sepakat bahwa dalam keterampilan dan kemahiran berbahasa ada 4 macam, di antaranya adalah : keterampilan menyimak (maharah al-istima’), keterampilan berbicara (maharah al-kalam), keterampilan membaca (maharah al-qira’ah), dan keterampilan menulis (maharah al-kitabah). Adapun jenis keterampilan menyimak dan membaca termasuk dalam ketrampilan berbahasa reseptif.. Sedangkan, keterampilan berbicara dan menulis dikategorikan keterampilan bahasa produktif. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pembelajaran yang diterapkan untuk santri baru di Gontor 3 Sumbercangkring Gurah Kediri. Dengan menggunakan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Cara Apa Saja Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Maharah Kalam Untuk Santri Baru di Pondok Pesantren Darussalam Gontor 3 Sumbercangkring Gurah Kediri? (2) Bagaimana Praktek Pembelajaran Maharah Kalam Untuk Santri Baru di Pondok Pesantren Darussalam Gontor 3 Sumbercangkring Gurah Kediri? (3) Apa Saja Faktor Penghambat Dan Pendukung Dalam Pelaksanaan Pola Pembelajaran Maharah Kalam Untuk Santri Baru di Pondok Pesantren Darussalam Gontor 3 Sumbercangkring Gurah Kediri? Hasil penelitian ini adalah (1) Pondok Pesantren Gontor 3 Sumber Cangkring Gurah Kediri menggunakan pola pembelajaran maharah kalam dengan metode langsung dan keterampilan serta pembiasaan dalam kehidupan sehari hari.(2) Dalam praktek pola pembelajarannya Pondok Pesantren Gontor 3 menggunakan metede langsung sesuai dengan perencanaan pola yang digunakan dan menggunakan metode drill. (3 Faktor penghambat, sebagai berikut ketika santri tidak ada kemauan untuk memperbanyak atau menambah jumlah kosa kata yang di hafalkan dan Faktor pendukung yang paling berpengaruh dalam pembelajaran maharah kalam yaitu pada lingkungan ketika lingkungan sudah mendukung maka secara tidak langsung santri akan terpaksa harus berbicara memakai bahasa arab.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 Maharat al-Kalam (Speaking Skill)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Alfan Yulianto Pratama
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:06
Last Modified: 23 Jun 2022 03:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4789

Actions (login required)

View Item View Item