Agustina, Charlina Candra (2018) Implementasi nilai-nilai etika bisnis islam dalam aktivitas jual beli online Ethica Collection Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931303414 Pra BAB.pdf Download (809kB) |
|
Text
931303414 BAB 1.pdf Download (315kB) |
|
Text
931303414 BAB 2.pdf Download (394kB) |
|
Text
931303414 BAB 3.pdf Download (37kB) |
|
Text
931303414 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
Text
931303414 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
Text
931303414 BAB 6.pdf Download (16kB) |
|
Text
931303414 Daftar Pustaka.pdf Download (21kB) |
|
Text
931303414 Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Bisnis online adalah bisnis yang terjadi di media elektronik, yang mana transaksi jual beli tidak mengharuskan penjual dan pembeli bertemu secara langsung atau saling menatap muka secara langsung, dengan menentukan ciri-ciri, jenis barang, sedangkan untuk harganya dibayar terlebih dahulu baru diserahkan barangnya. Ketidakhadiran pelaku jual beli secara langsung pada aktivitas jual beli online mengakibatkan adanya kekhawatiran akan terjadinya penipuan pada masyarakat dalam melakukan transaksi online. Praktik-praktik transaksi yang merugikan masyarakat tersebut dikarenakan tidak diterapkannya etika dalam berbisnis. Dalam menjalankan bisnis seharusnya perusahaan tidak lepas dengan etika dalam berbisnis dan menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam sebagai pedoman dalam menjalankan bisnisnya. Penelitian ini mengangkat rumusan permasalahan, yaitu bagaimana implementasi nilai-nilai etika bisnis Islam dalam aktivitas jual beli online Eticha Collection Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari wawancara kepada owner bisnis, karyawan, dan customer, sedangkan sumber data sekunder berasal dari referensi terkait konteks penelitian, yakni berasal dari dokumen dan data yang diperoleh dari owner bisnis. Hasil penelitian ini ini adalah pada aktivitas jual beli online Ethica Collection, Ethica Collection berusaha memberikan pelayanan yang baik kepada customer, yakni dengan menjalankan bisnisnya menggunakan dan memperhatikan prinsip syariah. Strategi yang digunakan mengandung beberapa aktivitas jual beli online, yakni offer, response, processing, shipping, billing, dan customer service. Akan tetapi bisnis online shop Ethica Collection, belum sepenuhnya menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam dalam aktivitas jual belinya, yakni dalam proses processing, shipping, dan billing. Sejalan dengan kesimpulan di atas, hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya keluhan yang dikeluhkan oleh para customer-nya, seperti barang yang diterima oleh customer mengalami kecacatan fisik, size barang yang tidak sesuai dengan pesanan, pengiriman barang yang terlambat, dan pembatalan pemesanan sepihak dari Ethica Collection Kediri. Akan tetapi keluhan tersebut selalu di follow up oleh Ethica Collection. Keluhan tersebut ada dikarenakan kurang profesionalnya pelayanan sehingga dalam menyelesaikan pekerjaan kurang maksimal dan dapat menimbulkan keluhan-keluhan yang dirasakan oleh customer.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | User Repo |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 05:36 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 05:36 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2396 |
Actions (login required)
View Item |