Puspita, Ilma Gina (2020) تعليم كتاب الأجرومية للطلاب في الفصل الثامن من مدرسة الذدى الدتوسطة الإسلامية ببادس كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932500217 prabab.pdf Download (960kB) |
|
Text
932500217 bab1.pdf Download (782kB) |
|
Text
932500217 bab2.pdf Download (866kB) |
|
Text
932500217 bab3.pdf Download (797kB) |
|
Text
932500217 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (812kB) |
|
Text
932500217 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
Text
932500217 bab6.pdf Download (455kB) |
|
Text
932500217 daftar pustaka.pdf Download (622kB) |
|
Text
932500217 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) |
Abstract
Pembelajaran Bahasa arab merupakan pembelajaran yang kebanyakan orang menganggapnya sulit, karena bahasa arab tidak terlepas dari ilmu nahwu, ilmu nahwu merupakan alat dasar dalam memahami bahasa arab, tanpa ilmu nahwu kita tak bisa memahaminya dengan baik. Dan dasar ilmu nahwu yang biasa dipakai oleh kalangan pesantren yaitu kitab Jurumiyah, karena kitab tersebut dianggap paling sederhana dan mudah untuk dijelaskan dan biasanya pembelajaran kitab jurumiyah dilakukan di pesantren tetapi ini dilakukan di madrasah atau lembaga formal, dan pada pembelajaran bahasa arab tidak terlepas dari 4 maharoh dan salah satunya maharoh qiro’ah dan maharoh qiroah ini tak terlepas dari ilmu nahwu. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana proses pembelajaran kitab jurumiyyah kelas 8 di Mts Al-Huda Sumberjo Badas Kediri dan Bagaimana kemampuan maharoh qiro’ah siswa kelas 8 Mts Al-Huda Sumberjo Badas Kediri setelah mempelajari kitab jurumiyyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Tempat Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Sumberjo Badas Kediri. Sumber data berasal dari Kepala sekolah,Guru pengajar jurumiyah,Guru bahasa arab kelas 8 dan Siswa kelas 8. Metode Pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian pembelajaran kitab jurumiyah terhadap maharoh qiroah siswa kelas 8 Mts Al-Huda Sumberjo Badas Kediri yaitu tujuan pembelajaran jurumiyah ini memberi pemahaman dasar keapada siswa mengenai kaidah-kaidah nahwu yang digunakan dalam bahasa arab, pada pembelajaran guru menggunakan metode bandongan. Adapun alasan menggunakan kitab jurumiyah ini karena kitab ini merupakan kitab yang paling terkenal disegala kalangan dan yang paling mudah untuk tingkat dasar atau pemula, pembelajaran jurumiyah ini dilakukan 1 kali selama 1 minggu dan sudah masuk pada kurikulum madrasah tersebut. Sedangkan pada kemampuan siswa dari segi maharoh qiro’ahnya yang telah didapatkan hasil nilai dari guru bahasa arabnya sangat bagus-bagus, walaupun pada teks qiroah LKS siswa sudah lengkap harokatnya tetapi guru bahasa arabnya selalu membahas susunannya perkalimat dan rata-rata siswa mendapat nilai 80.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 10 May 2021 08:34 |
Last Modified: | 10 May 2021 08:34 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2347 |
Actions (login required)
View Item |