HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN PENYESUAIAN DIRI PENSIUNAN GURU PNS DI JAKARTA UTARA

Rini, Maulisa (2025) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN PENYESUAIAN DIRI PENSIUNAN GURU PNS DI JAKARTA UTARA. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
933402519_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
933402519_bab1.pdf

Download (581kB)
[img] Text
933402519_bab2.pdf

Download (630kB)
[img] Text
933402519_bab3.pdf

Download (670kB)
[img] Text
933402519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[img] Text
933402519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
933402519_bab6.pdf

Download (406kB)
[img] Text
933402519_daftarpustaka.pdf

Download (523kB)
[img] Text
933402519_lampiran.pdf

Download (6MB)
[img] Text
933402519_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)

Abstract

MAULISA RINI. Hubungan Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri Pensiunan Guru PNS di Jakarta Utara. Dosen Pembimbing Imron Muzakki, M.Psi dan Arisa Rahmawati Zakiyah, M.Si. Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Kediri 2025. Kata Kunci: Dukungan Sosial, Penyesuaian Diri, Pensiunan Guru PNS, Jakarta Utara Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah guru yang diangkat oleh pemerintah dan menjadi bagian penting dari sistem pendidikan formal. Pensiunan guru PNS di Jakarta menghadapi berbagai tantangan saat memasuki masa pensiun. Pensiunan guru PNS perlu menyesuaikan diri dengan perubahan gaya hidup setelah pensiun, termasuk menyesuaikan rutinitas harian, pola aktivitas, dan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara dukungan sosial dan penyesuaian diri pada pensiunan guru PNS di Jakarta Utara. Penyesuaian diri yang dimaksud dalam penelitian ini meliputi aspek emosional, sosial, dan psikologis yang dialami oleh pensiunan guru setelah memasuki masa pensiun. Dukungan sosial yang diterima oleh individu juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi proses penyesuaian diri, baik dukungan dari keluarga, teman, maupun masyarakat sekitar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 231 responden pensiunan guru PNS di Jakarta Utara yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur tingkat dukungan sosial dan penyesuaian diri pensiunan guru untuk selanjutnya dilakukan proses tabulasi data serta dianalisis menggunakan uji statistik korelasi dan uji regresi sederhana untuk menentukan ada tidaknya hubungan antara dukungan sosial dan penyesuaian diri pada pensiunan guru PNS di Jakarta Utara. Proses analisis statistik keseluruhan dibantu dengan penggunaan software SPSS. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa dukungan sosial dari keluarga dan teman-teman sangat penting dalam membantu pensiunan guru PNS menyesuaikan diri dengan kehidupan baru mereka. Hasil penelitian ini memiliki implikasi penting bagi kebijakan dan program pensiun guru PNS, terutama dalam memperkuat, memfasilitasi, atau mengoptimalkan dukungan sosial bagi pensiunan guru PNS. Hasil penelitian di peroleh besaran koefisien korelasi antara variabel dukungan sosial dan penyesuaian diri sebesar 0,598, dimana penyesuaian diri lebih besar >0,05 maka data terdistribusi normal, sedangkan apabila dukungan sosial nilai signifikansi lebih kecil dari <0,05 maka data terdistribusi tidak normal. Besarnya koefisien korelasi antara 0 sampai dengan 1,0 artinya adalah bahwa angka korelasi 1,0 merupakan angka tertinggi sedangkan angka terendah nya adalah 0.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: MAULISA RINI
Date Deposited: 31 Oct 2025 08:02
Last Modified: 31 Oct 2025 08:02
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19481

Actions (login required)

View Item View Item