RUBAINGAH, ATHIK (2025) Penerapan Mind Mapping dan Efektifitasnya dalam Meningkatkan Penguasaan Maharah Qira’ah Siswa Kelas XI MA Al Muwazanah Gondang Plosoklaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
![]() |
Text
21203036_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21203036_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
21203036_bab1.pdf Download (511kB) |
![]() |
Text
21203036_bab2.pdf Download (596kB) |
![]() |
Text
21203036_bab3.pdf Download (614kB) |
![]() |
Text
21203036_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
![]() |
Text
21203036_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
![]() |
Text
21203036_bab6.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text
21203036_daftarpustaka.pdf Download (477kB) |
![]() |
Text
21203036_lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Athik Rubaingah. Dosen Pembimbing 1: Dr. Yuyun Zunairoh, M.Pd., Dosen Pembimbing 2: Khoiru Nidak, M.Pd. Penerapan Mind Mapping dan Efektifitasnya dalam Meningkatkan Penguasaan Maharah Qira’ah Siswa Kelas XI MA Al Muwazanah Gondang Plosoklaten Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Efektifitas Pembelajaran, Metode Mind Mapping, Maharah Qira’ah Metode pembelajaran merupakan suatu teknik yang dipakai oleh pendidik kepada peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran demi tercapainya sasaran pembelajaran. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui penerapan Mind Mapping dalam meningkatkan penguasaaan maharah qira’ah pada siswa kelas XI MA Al Muwazanah Gondang Plosoklaten Kediri. 2) Untuk mengetahui efektivitas Mind Mapping dalam meningkatkan penguasaaan maharah qira’ah pada siswa kelas XI MA Al Muwazanah Gondang Plosoklaten Kediri. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non-probability sampling dengan sampel sebanyak 38 siswa kelas XI MA Al Muwazanah Gondang Plosoklaten Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest dan posttest) dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pelaksanaan pembelajaran maharah qira’ah bahasa Arab dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas XI MA Al Muwazanah Gondang Plosoklaten Kediri mendapatkan beberapa manfaat dari terlaksanaknya pembelajaran menggunakan metode mind mapping. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional dengan kelas eksperimen yang menggunakan metode mind mapping. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai post-test kelas kontrol sebesar 67,42 adapun rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 89,31. Serta di dukung dari hasil uji paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai sig 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya di uji dengan menggunakan uji N-Gain dan memperoleh skor dengan nilai 73.41 menunjukkan peningkatan dalam pembelajaran maharah qira’ah dengan penggunaan metode mind mapping termasuk dalam kategori tafsiran cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ATHIK RUBAINGAH |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 04:23 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 04:23 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18286 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |