فعالية طريقة الإملاء المسموع لترقية مهارة الكتابة الكلمة لدى طلاب معهد الإسلامي الشكور بورووأسري كديري

Haq, Maylina Rohmatil (2024) فعالية طريقة الإملاء المسموع لترقية مهارة الكتابة الكلمة لدى طلاب معهد الإسلامي الشكور بورووأسري كديري. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
20203039_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20203039_bab1.pdf

Download (377kB)
[img] Text
20203039_bab2.pdf

Download (493kB)
[img] Text
20203039_bab3.pdf

Download (417kB)
[img] Text
20203039_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
20203039_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
20203039_bab6.pdf

Download (299kB)
[img] Text
20203039_lampiran.pdf

Download (522kB)
[img] Text
20203039_daftarpustaka.pdf

Download (377kB)
[img] Text
20203039_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)

Abstract

Maylina Rohmati Haq, 2024. Efektifitas metode imla’ mandhur untuk meningkatkan maharah kitabah pada santri ma’had islami as syakur purwoasri Kediri, program studi pendidikan bahasa arab iain Kediri. Pembimbing I : Dr. H. Ahmad Rifa’i, M.Pd. dan pemimbing II : Moh. Sholeh Afiyuddin, M.Pd Kata Kunci : Efektivitas, Metode Imla’ Masmu’, Maharah Kitabah Kalimat Latar belakang dari peneliti yaitu melihat fakta dilapang, masih banyak para pelajar yang kesulitan untuk menulis dalam bahasa arab yang sesuai dengan aturan-aturan gaya penulisan yang disebabkan oleh perbedaan intelektual, kemampuan fisik, latar belakang keluarga, kebiasaan dan pendekatan belajar yng terkadang sangan mencolok antara satu santri dengan santri yang lainnya. Oleh sebab itu, dibutuhkan teknik pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis bahasa arab. Metode imla’ adalah merupakan suatu teknik pembelajaran maharah kitabah untuk membenarkan sekaligus memperbaiki tulisan yang membutuhkan perbaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran metode imla’ masmuu’ untuk meningktakan maharah kitabah kalimat santri; 2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode imla’ masmu’ untuk meningkatkan maharah kitabah santri Penelitian ini menggunkan metode penelitian kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif serta desain penelitian one sample t test. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara, uji tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu : 1) metode imla’ masmu’ yang digunkaan dalam pembelajaran bahasa arab sehari-hari dapat meningkatkan kemampuan maharah kitabah dalam bahasa arab pada santri ma’had islami as syakur purwoasri Kediri, hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya nilai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan. 2) Efektivitas dari metode imla’ masmu’ untuk meningkatkan maharah kitabah kalimat pada santri ma’had islam as syakur purwoasri Kediri ini dibuktikan dari hasil uji t tes uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test yang menunjukkan nilai asym.sig (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa nilai asym.sig 2-tailed < α (0,05) yang berarti penggunaan metode imla’ masmu’ efektif sebagai pembelajaran dalam meningkatkan maharah kitabah kalimat pada santri ma’had islam as syakur purwoasri Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: MAYLINA ROHMATIL HAQ
Date Deposited: 16 Oct 2024 03:09
Last Modified: 16 Oct 2024 03:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15474

Actions (login required)

View Item View Item