Pengembangan Booklet Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Pemanasan Global

Aslamiyah, Mughiz Suwaybatul (2024) Pengembangan Booklet Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Pemanasan Global. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20208011_PRABAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20208011_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20208011_bab1.pdf

Download (606kB)
[img] Text
20208011_bab2.pdf

Download (922kB)
[img] Text
20208011_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text
20208011_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20208011_bab5.pdf

Download (405kB)
[img] Text
20208011_daftarpustaka.pdf

Download (447kB)
[img] Text
20208011_lembar pernyataan persetujuan publikasi.pdf

Download (202kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap materi pemanasan global. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan booklet berbasis Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Augmented Reality diintegrasikan dalam booklet untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik minat dan pemahaman peserta didik tentang konsep pemanasan global. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: yang meliputi tahap analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi . Pada tahap analisis, dilakukan analisis kebutuhan peserta didik dan kurikulum. Tahap desain melibatkan perancangan isi materi dan media berdasarkan hasil analisis. Di tahap pengembangan, dibuat media pembelajaran dan materi sesuai desain yang telah dirancang. Pada tahap implementasi, produk diuji coba dan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, serta diujicobakan kepada peserta didik. Pada tahap evaluasi, dilakukan analisis hasil dan validasi angket. Kevalidan media diperoleh dari hasil validasi ahli media dan materi dengan persentase kevalidan masing-masing sebesar 93% dan 92%, yang dikategorikan sangat valid dan layak digunakan. Keefektifan media diukur dari hasil pre-test dan post-test peserta didik, yang dianalisis menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada minat belajar siswa, dengan rata-rata skor pre-test 52,52 dan post-test 92,28. Uji t juga mendukung hasil ini dengan nilai t-hitung 18.24 dan t-tabel 1.725. dengan hasil N-gain 0.826. Kesimpulannya, booklet berbasis augmented reality efektif digunakan dalam pembelajaran materi pemanasan global karena meningkatkan minat belajar siswa dan masuk dalam kategori tinggi atau sangat efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES (Ilmu Fisika) > 0202 Classical Physics (Fisika Klasik) > 020304 Thermodynamics and Statistical Physics (Termodinamika dan Fisika Statistik)
10 TECHNOLOGY (Teknologi Terapan) > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA
Depositing User: MUGHIZ SUWAYBATUL ASLAMIYAH
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:04
Last Modified: 22 Aug 2024 03:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14183

Actions (login required)

View Item View Item