ZULMALA, NINDA MITA (2024) Penerapan Ice Breaking Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Di MI Bani Ridwan Grogol. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20201072_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20201072_bab1.pdf Download (427kB) |
|
Text
20201072_bab2.pdf Download (393kB) |
|
Text
20201072_bab3.pdf Download (168kB) |
|
Text
20201072_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
|
Text
20201072_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
|
Text
20201072_bab6.pdf Download (119kB) |
|
Text
20201072_daftarpustaka.pdf Download (261kB) |
|
Text
20201072_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
20201072_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (191kB) |
Abstract
NINDA MITA ZULMALA, Dosen Pembimbing Dr. Septiana Purwaningrum, M. Pd. I dan Dr. Husnul Khotimah, M. Pd. I, Penerapan Ice Breaking dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di MI Bani Ridwan Grogol, Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci : Penerapan, Ice Breaking, Kejenuhan Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan didalam kelas MI Bani Ridwan Grogol, dimana para siswa merasakan kejenuhan belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana penerapan ice breaking dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MI Bani Ridwan Grogol; 2) mengetahui dampak penerapan ice breaking dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MI Bani Ridwan Grogol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dengan mendeskripsikan hasil penelitian dan memaparkan data sesuai dengan temuan di lapangan. Untuk memperoleh data atau informasi-informasi yang relevan dengan masalah yang dicari. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analasis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu, tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan empat langkah yaitu, kepercayaan (credibility), memperpanjang pengamatan, penilaian teman sejawat, dan triangulasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil penelitian ini dapat penulis simpulkan : 1) penerapan ice breaking siswa kelas V di MI Bani Ridwan Grogol adalah awal pembelajaran sebelum pemberian materi dan di tengah proses pembelajaran. Guru melakukan apersepsi seperti salam, sapa, dan doa dilanjutkan dengan mengabsen kehadiran siswa dan dilanjutkan dengan pelaksanaan ice breaking. Ice breaking yang diterapkan yaitu ikuti yang saya katakan, tepuk ayam, tepuk tangan, dan menyanyi sambil pegang penghapus; 2) dampak dari penerapan ice breaking banyak dirasakan oleh siswa diantaranya, kejenuhan belajar bisa teratasi, rasa malas, bosan dan ngantuk tidak dirasakan siswa setelah melakukan kegiatan ice breaking, suasana kelas juga jadi lebih asyik, siswa jadi enak ketika ingin bertanya dengan guru, siswa menjadi lebih enjoy dan semangat dalam mengikuti proses pembelajaran, siswa juga bisa diajak kerjasama dengan teman lainnya dalam mengerjakan tugas kelompok, komunikasi antar siswa juga sangat baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | NINDA MITA ZULMALA |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 02:46 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 02:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13769 |
Actions (login required)
View Item |