رأي طلبة قسم تعليم اللغة العربية الجامعة كديري الإسلامية الحكومية في المستوى السادس على تعليم مهارة القراءة باستخدام النصوص الأصلية

Safitri, Elvania Nur (2021) رأي طلبة قسم تعليم اللغة العربية الجامعة كديري الإسلامية الحكومية في المستوى السادس على تعليم مهارة القراءة باستخدام النصوص الأصلية. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932500117_prabab.pdf

Download (736kB)
[img] Text
932500117_bab1.pdf

Download (338kB)
[img] Text
932500117_bab2.pdf

Download (288kB)
[img] Text
932500117_bab3.pdf

Download (329kB)
[img] Text
932500117_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
932500117_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
932500117_bab6.pdf

Download (133kB)
[img] Text
932500117_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932500117_sp.pdf

Download (163kB)

Abstract

Dilatar belakangi oleh sebuah problem yang terjadi di Institut Agama Islam Negeri Kediri khususnya dijurusan Pendidikan Bahasa Arab dimana mahasiswa yang memiliki nilai maharah Qiro'ah baik, faktanya belum tentu mereka mampu membaca teks Arab dengan baik. Lalu munculah sebuah Penelitian bahwa Teks otentik mampu menjadi solusi dari problem tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran serta persepsi mahasiswa tentang Pembelajaran Maharah Qira'ah dengan menggunakan teks Otentik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana Penerapan Maharah Qira'ah dengan menggunakan teks otentik pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Kediri semester 6? dan bagaimana persepsi Mahasiswa terhadap pembelajaran tersebut?. Penelitian ini merupakan penelitian Mix method. Dimana metode kualitatif lebih dominan dan kuantitatif hanya sebagai pelengkap. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 6 angkatan 2018. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dan sampel yang diambil adalah 10 mahasiswa tiap kelas maharah yang mengikuti pembelajaran maharah Qiro'ah 2 dan 3 menggunakan teks otentik. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner oleh mahasiswa melalui google form dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran maharah Qiro'ah dengan teks otentik terdiri dari 5 langkah yaitu 1) penentuan tema 2) diskusi mufrodat sulit 3) presentasi 4) analisis isi teks 5) pembuatan glosarium. Adapun hasil persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran ini yang telah dianalisis menggunakan skala likert secara keseluruhan memperoleh hasil 76,47% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Elvania Nur Savitri
Date Deposited: 20 May 2024 03:03
Last Modified: 20 May 2024 03:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12861

Actions (login required)

View Item View Item