Karimah, Atik Afidatul (2023) تعلم النحو و الصرف بطريقة الغناء فصل التمييز فيدورةاألزهر باري كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932507619_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932507619_bab1.pdf Download (546kB) |
|
Text
932507619_bab2.pdf Download (789kB) |
|
Text
932507619_bab3.pdf Download (690kB) |
|
Text
932507619_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
932507619_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) | Request a copy |
|
Text
932507619_bab6.pdf Download (521kB) |
|
Text
932507619_daftar_pustaka.pdf Download (627kB) |
|
Text
932507619_sp.pdf Download (139kB) |
Abstract
ABSTRAK ATIK AFIDATUL KARIMAH, Dosen Pembimbing KHOIRU NIDAK., M.Pd. dan M. SYAMSUL MA’ARIF., M.Pd.I, Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Nahwu Shorof Dikelast Tamyiz Lembaga Kursus Al Azhar Pare Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2019. Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Nahwu Shorof, Lembaga Kursus Al Azhar Pare Kediri Nahwu dan shorof menjadi ilmu yang paling utama dan menjadi sumber dan bahan dasar untuk memahami pembelajaran agama, bahasa arab, sampai kitab kuning. Namun faktanya banyak yang menganggap bahwa pembelajaran ilmu nahwu dan shorof itu sangat sulit. Istimewanya Lembaga kursus Al Azhar Pare Kediri mampu mengatasi permasalahan tersebut salah satunya dengan cara penerapan metode bernyanyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan, kelebihan serta kelemahan dari metode bernyanyi dalam pembelajaran nahwu shorof dikelas tamyiz Lembaga Kursus Al Azhar Pare Kediri. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber dan teknik. model analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada 3 tahapan dalam penerapannya, tahapan pertama adalah perencanaan,yang meliputi pemilihan tutor kelas, pengelolaan kelas, dan pengelolaan lagu yang diterapkan. Tahapan yang kedua adalah pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas, yang terdiri dari tiga sesi setiap harinya, yaitu pemanasan, pembahasan tentang materi dan praktik. Selain itu dalam penerapan metode bernyanyi juga menggunakan trik LADUNI (Ilate Kudu Muni) dan MANTRA. Tahapan ketiga adalah pengadaan program luar kelas. Adapun kelemahan dari penerapan metode bernyanyi dalam pemebelajaran nahwu shorof adalah kurang tepat jika diterapkan pada siswa yang pendiam, , adanya titik jenuh dalam pembelajaran, perbedaan usia antar siswa. Sedangkan kelebihannya adalah siswa mudah dalam menghafalkan materi, mampu membangun suasana menyenangkan, mampu mengobah pola fikir seseorang.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Atik Ifidatul Karimah |
Date Deposited: | 22 Dec 2023 03:53 |
Last Modified: | 22 Dec 2023 03:53 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11333 |
Actions (login required)
View Item |