Putri, Tantriana Meita (2023) Peran Strategi Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada Batik New Colet Jombang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
934106119_PRA BAB.pdf Download (2MB) |
|
Text
934106119_BAB 1.pdf Download (440kB) |
|
Text
934106119_BAB 2.pdf Download (508kB) |
|
Text
934106119_BAB 3.pdf Download (313kB) |
|
Text
934106119_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
934106119_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
|
Text
934106119_BAB 6.pdf Download (193kB) |
|
Text
934106119_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (352kB) |
|
Text
934106119_Tantriana_Lembar Pernyataan Publikasi Perpustakaan.pdf Download (282kB) |
Abstract
Inovasi produk merupakan strategi yang dilakukan oleh perusaha atau industri yang menghasilkan produk, yang bertujuan untu meningkatkan pertumbuhan usaha dengan melalui penawaran produk baru yang sudah dimodifikasi ke segmen pasar yang disesuaikan dengan perkembangan dari masa ke masa. Dengan melakukan inovasi tersebut kemungkinan produk yang di tawarkan akan banyak menarik minat konsumen untuk membeli produk yang tersebut. Dengan banyaknya konsumen yang tertarik untuk membeli akan meningkatkan jumlah produksinya sehingga volume penjualan pun akan meningkat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi inovasi produk yang dilakukan di Industri Batik New Colet Jombang serta untuk mengetahui peran inovasi produk dalam meningkatkan volume penjualan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan jenis pendekatan field research atau penelitian lapangan. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini menggunakan sumber data promer dan sumber data sekunder. Data primer diambil dari hasil wawancara dengan pemilik Batik New Colet, karyawan serta konsumen yang ada di Batik New Colet. Sedangkan untuk data sekunder diambil dari dokumentasi yang mempunyai keterkaitan langsung dengan Batik New Colet serta literatur-literatur yang berkaitan dengan penelitian. Untuk menganalisa peneliti menggunakan tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi inovasi produk yang diterapkan terkait dengan motif yang beragam, serta dengan menambah teknik teknik membatik yang beragam pula dapat berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualannya. Berdasarkan data penjualan Batik New Colet di era covid memang mengalami penurunan penjualan, akan tetapi mulai tahun 2021 hingga 2022 sudah mengalami perubahan yang meningkat. Peningkatan penjualan dari tahun 2021 ke tahun 2022 meningkat sekitar 31%. Penerapan inovasi produk di Batik New Colet memiliki peran penting untuk meningkatkan volume penjualan, karena dengan menampilkan inovasi produk yang menarik membuat para pelanggan memiliki rasa tertarik untuk membelinya, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan volume penjualan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Tantriana Meita Putri |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11172 |
Actions (login required)
View Item |