تطبيق طريقة الاملاء في تحسين مهارةالكتابة لطلاب الصف الحادي عشر بالمدرية الثانوية الاهلية سونان امفيل السنة الدراسة ٢٠٢٢/٢٠٢٣

Latif, Moh Abdul (2023) تطبيق طريقة الاملاء في تحسين مهارةالكتابة لطلاب الصف الحادي عشر بالمدرية الثانوية الاهلية سونان امفيل السنة الدراسة ٢٠٢٢/٢٠٢٣. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932503619_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932503619_bab1.pdf

Download (609kB)
[img] Text
932593619_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932503619_bab3.pdf

Download (595kB)
[img] Text
932503619_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[img] Text
932503619_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
932503619_bab6.pdf

Download (341kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (89kB)
[img] Text
932503619_suratpernyataan.pdf

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Moh. Abdul Latif. Nim 932503619. 2023 Implementasi metode Imla’ dalam meningkatkan kemampuan Menulis siswa kelas XI Madrasah Sunan Ampel Pare (Dibimbing oleh Dr. Yuyun zunairoh, M. Pd. dan Nur khamidah, S.S., M.Hum.) Tujuan dari penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui Bagaimana penerapan metode Imla’ dalam meningkatkan Kemampuan Menulis siswa kelas XI Madrasah Aliyah Sunan Ampel Pare. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah metode imla’ mampu meningkatkan Maharah AlKitabahsiswa. Sumber data di dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan Siswi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, pedoman tekniktes, pedoman wawancara, pedoman dokumentasi. Tekhnik analisis data yangdigunakan yaitu tekhink reduksi data , tekhnik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Imla’ mampu meningkatkan maharah al-kitabah siswa kelas XI Madrasah Sunan Ampel ini dapat dilihat dari nilai hasil akhir siswa pada tahap siklus I dan siklus II. Adapun nilai pada siklus I yaitu 71% dengan siswa yang tuntas sebanyak 7 orang . Adapun nilai yang diperoleh siswa pada siklus II yaitu 79, 3 %dengan siswa yang tuntas sebanyak 13 orang. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran menulis bahasa Arab menggunakan metode Imla’ dapat meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab siswa. Penerapan metode Imla’, pertama-tama guru memaparkan kepada siswabagaimana memahami dasar- dasar dari penulisan bahasa arab, serta memahami kembali bagaimana pengucapan makhrajal huruf yang baik dan benar, serta pengenalan huruf mad dalam sebuah kata, kedua, guru menuliskan huruf huruf terpisah di papan tulis lalu siswa menyambungkan huruf-huruf menjadi sebuahkata. Ketiga guru mendiktekan kalimat sederhana dalam bahasa arab, menulang- ulang sebanyak tiga kali, kemudian siswa diminta untuk memahami apa yang telah didengar dan menuliskan apa yang telah didengar. Kata Kunci : Metode Imla’, Maharah Kitabah

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: MOH ABDUL LATIF
Date Deposited: 07 Nov 2023 06:28
Last Modified: 08 Nov 2023 06:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10701

Actions (login required)

View Item View Item