Zahro', Imarotuz (2023) تطبيق طريقة جيكسو في تعليم مهارة القراءة لطلاب الفصل السابع بالمدرسة المتوسطة هداية الصالحين كوراة كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932502519_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
الباب الاول932502519_.pdf Download (974kB) |
|
Text
الباب الثاني932502519.pdf Download (992kB) |
|
Text
الباب الثالث932502519.pdf Download (846kB) |
|
Text
الباب الرابع932502519.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
الباب الخامس932502519.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) |
|
Text
الباب السادس932502519.pdf Download (1MB) |
|
Text
932502519_daftar pustaka.pdf Download (527kB) |
|
Text
932502519_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (1).pdf Download (144kB) |
Abstract
ABSTRAK Zahro’, Imarotuz. Dosen Pembimbing (1) Dr. Umar faruq, S.Ag, M.Fil.I dan (2) Ratna Nur saidah, M.Ag. Implementasi Metode Jigsaw Dalam Pembelajaran Maharah Qiro’ah Siswa Kelas VII MTs Hidayatus Sholikhin Gurah Kediri.Skripsi. Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri Kediri. 2023 Kata Kunci: Implementasi Metode Jigsaw, Maharah Qiro’ah Dalam pembelajaran maharah qiro’ah siswa kurang semangat dalam mengikuti pelajaran. Hal ini dikarenakan metode belajar yang digunakan guru kurang bervariasi, sehingga siswa juga merasa jenuh. Oleh karena itu, kreatifitas seorang guru dalam mengajar sangat diperlukan oleh siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode Jigsaw. Hal inilah yang menarik perhatian peneliti untuk melakukan penelitian.Dari latar belakang tersebut pada penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah, yaitu 1) Bagaimana implementasi metode Jigsaw dalam pembelajaran maharah Qira’ah siswa kelas VII MTs Hidayatus Solikhin.2) Bagaimana problematika dalam implementasi metode Jigsaw dalam pembelajaran maharah Qira’ah siswa kelas VII MTs Hidayatus Solikhin.3) Apa kelebihan dan kekurangan metode Jigsaw dalam pembelajaran maharah Qira’ah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif.Untuk mengetahui implementasi metode jigsaw dalam pembelajaran maharah qira’ah peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian adalah 1) Implementasi metode Jigsaw pada pembelajaran Bahasa arab maharah qiro’ah di kelas tujuh MTs Hidayatus Sholikhin yaitu guru masuk kelas kemudian mengelompokkan siswa menjadi empat kelompok dan dibagi tugas lalu siswa berdiskusi, setelah selesai berdiskusi, siswa mempresentasikan hasil diskusi serta guru mengevaluasi. 2) Problematika dalam implementasi metode Jigsaw dalam pembelajaran maharah Qira’ah siswa kelas VII MTs Hidayatus Solikhin yaitu siswa gaduh, kurang antusias dan ada beberapa yang merasa bosan, serta siswa kurang menggunakan waktu seefisien mungkin, selain itu siswa yang pintar lebih dominan dan ada juga siswa yang masih lambat saat mengerjakan soal.3) Kelebihan metode Jigsaw dalam pembelajaran maharah Qira’ah yaitu mempermudah pekerjaan guru dalam mengajar, waktu pembelajaran dan pemerataan penguasaan materi dapat dicapai dalam waktu yang lebih singkat serta melatih siswa untuk lebih aktif dalam berbicara dan berpendapat selain itu juga melatih kerjasama dengan kelompoknya.Sedangkan kekurangannya adalah perbedaan persepsi dan tidak memiliki rasa percaya diri dalam berdiskusi menyampaikan materi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Imrotuz Zahro |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 07:35 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 07:35 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10433 |
Actions (login required)
View Item |