Aini, Nurul (2023) تحليل تعليم مهارة الكتابة بنظرية تعلم المعرفيجيروم سيمور برونر في الفصل الحادي عشر المدسة الثانوية الإسلامية شيخ سوباكير عليكوك بليتار السنة الدراسة 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932513319_prabab.pdf Download (429kB) |
|
Text
932513319_bab1.pdf Download (476kB) |
|
Text
932513319_bab2.pdf Download (320kB) |
|
Text
932513319_bab3.pdf Download (361kB) |
|
Text
932513319_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
|
Text
932513319_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
|
Text
932513319_bab6.pdf Download (266kB) |
|
Text
932513319_daftarPustaka.pdf Download (349kB) |
Abstract
ABSTRAK NURUL AINI.2023, Analisis Pembelajaran Maharah Kitabah di tinjau dari Aspek Teori Belajar Kognitif Jerome Seymour Bruner Pada Siswa kelas XI MA Syekh Subakir Nglegok Blitar, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah,(IAIN) Kediri. Pembimbing (1) Dr. Yuyun Zunairoh, M.Pd dan (2) Nur Hamidah S.S., M.Hum Kata Kunci: Analisis Belajar, Maharah Kitabah, Teori Belajar Kognitif Jerome Seymour Bruner Fokus penelitian ini mengenai tentang bagaimana siswa dalam proses belajar mengajar sebagai sasaran pencapaian tujuan pembelajaran, disamping merupakan subyek dan obyek belajar seorang guru juga harus memperhatikan aspek psikologi kognitif siswa dalam menyiapkan buku ajar bahasa Arab sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dalam pembelajaran maharah kitabah di kelas XI MA Syekh Subakir Nglegok Blitar di tinjau dari aspek psikologi kognitif Jerome Seymour Bruner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana pembelajaran maharah kitabah di kelas XI MA Syekh Subakir Nglegok Blitar, (2) bagaimana pembelajaran maharah kitabah ditinjau dari aspek psikologi kognitif menurut teori Jerome Seymour Bruner. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian lapangan (file research) yaitu penelitian yang digunakan untuk memperoleh data dilapangan dengan melakukan observasi atau mengamati objekobjek penelitian dan wawancara.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teori kognitif bruner memiliki pengaruh yang positif terhadap pemahaman pembelajaran bahasa arab khususnya maharah kitabah pada siswa kelas XI MA Syekh Subakir Nglegok Blitar. Siswa mampu memahami materi dengan baik sebab siswa yang mengkontruksi pengetahuannya sendiri. Kesimpulannya penerapan pembelajaran maharah kitabah dengan ditinjau dari aspek psikologi kognitif menurut bruner ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman materi maharah kitabah karna siswa yang mempraktekkan sendiri materi yang dipelajari membuat siswa lebih mudah memahami dan mengingat materi yang dipelajari.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Nurul Aini |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 03:02 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 03:02 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10421 |
Actions (login required)
View Item |