Efektivitas metode masrohiyah dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X-J MAN 3 KEDIRI

Al-Bukhori, Aulia Nisaul Muawwidah (2023) Efektivitas metode masrohiyah dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X-J MAN 3 KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932513419_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932513419_bab1.pdf

Download (766kB)
[img] Text
932513419_bab2.pdf

Download (809kB)
[img] Text
932513419_bab3.pdf

Download (815kB)
[img] Text
932513419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[img] Text
932513419_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
932513419_bab6.pdf

Download (452kB)
[img] Text
932513419_daftar_pustaka.pdf

Download (463kB)
[img] Text
932513419_Surat_pernyataan.pdf

Download (74kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi pendidik adalah mempersiapkan peserta didik agar mempunyai kemampuan berbicara untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab melalui metode Masrohiyah. Menurut pengamatan penulis, hal yang melatarbelakangi pemilihan judul tersebut karena siswa kelas X-J MAN 3 Kediri rata-rata siswa reguler kebanyakan lulusan umum. Bagi mereka bahasa Arab suatu hal yang baru. Sehingga mereka susah dalam melafalkan kalimat bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Masrohiyah efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab kelas X-J MAN 3 Kediri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Masrohiyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-Eksperimental One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas X-J MAN 3 Kediri yang berjumlah 39 siswa. Hasil uji paired sample t-test pada penelitian ini ialah sebesar 0,000 atau dengan tingkat signifikasi (sig.2-tailed) 0,000 < 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada saat pre-test dan post-test eksperimen. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode Masrohiyah efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas X-J MAN 3 Kediri. Kata kunci: Efektifitas, Metode Masrohiyah, Keterampilan berbicara bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aulia Nisaul Muawwidah Al Bukhori
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:50
Last Modified: 09 Oct 2023 03:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10320

Actions (login required)

View Item View Item