تعليم قراءة كتاب التراث باستخدام كتاب التعارف في المعهد الإسلامي السلفي المعروف فاري كديري

Masyhuda, Syafi' (2023) تعليم قراءة كتاب التراث باستخدام كتاب التعارف في المعهد الإسلامي السلفي المعروف فاري كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932510419_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932510419_bab1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
932510419_bab2.pdf

Download (251kB)
[img] Text
932510419_bab3.pdf

Download (213kB)
[img] Text
932510419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[img] Text
932510419_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
932510419_bab6.pdf

Download (120kB)
[img] Text
932510419_daftarpustaka.pdf

Download (255kB)
[img] Text
932510419_sp.pdf

Download (353kB)

Abstract

Ahmad Syafi’, 2023, Belajar Membaca Kitab Kuning Menggunakan Metode Kitab At-Ta’aruf di Pondok Pesantren Al- Ma’ruf Pare Kediri. Sekripsi Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah. Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Pembimbing (1) Ustadz Dr. Ahmad Rifa’I, M.Pd dan Pembimbing (2) Ustadzah Maziyyah M.Pd Pengajaran Kitab Kuning merupakan ciri tradisional pondok pesantren yang tidak dapat dipisahkan. Kesulitan yang kita temui dalam masalah kitab kuning berkaitan dengan masalah diskursus, dan diskursus kitab kuning yakni kerangka berfikir dan metode pembahasan, sudut pandang, poin yang dibahas apa yang dianggap masalah dan apa jawaban yang memuaskan. Merupakan struktur intelektual yang sangat berkembang, namun terbatas dan kaku.Dari uraian di atas, dapat dirumuskan masalah-masalah sebagai berikut: 1. Cara mengajar membaca kitab kuning dengan menggunakan Metode buku At-Ta’aruf di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Pare Kediri. 2. Apa faktor dan kendala yang dihadapi santri di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Kediri dalam belajar membaca kitab kuning dengan menggunakan metode kitab At-Ta’aruf. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan Studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Pare Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan metode Kitab At-Ta’ruf dalam belajar kitab kuning kuning di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Pare Kediri berlangsung dalam sistem kelompok, dalam satu kelompok ada salah satu guru yang mendampingi atau mengajar baik dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode Kitab At-Ta’ruf maupun di luarnya. Waktu belajar disesuaikan atau sesuai kesepakatan kelompok. Dalam proses pembelajaran, guru memperhatikan belut kepada siswanya satu per satu. Karena mereka bertanggung jawab langsung kepada Murobbi/Kyai. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran didominasi oleh guru yang memang terlatih mengajar dan memiliki pengalaman mengajar siswa dalam belajar membaca kitab kuning. Faktor eksternal sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran kitab kuning dengan metode kitab At-Ta’ruf di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Pare Kediri. Kata kunci: Membaca Kitab Kuning Dengan Metode Kitab At-Ta’aruf

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ahmad Syafi
Date Deposited: 05 Oct 2023 06:29
Last Modified: 08 Dec 2023 02:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10266

Actions (login required)

View Item View Item