جهود المعلم فى ترقية إنجاز درس اللغة العربية فى المدرسة العالية الحكومية الأولىكانداعان

Fitri, Ulil Inayatul (2019) جهود المعلم فى ترقية إنجاز درس اللغة العربية فى المدرسة العالية الحكومية الأولىكانداعان. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932507013 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932507013 BAB 1.pdf

Download (97kB)
[img] Text
932507013 BAB 2.pdf

Download (87kB)
[img] Text
932507013 BAB 3.pdf

Download (125kB)
[img] Text
932507013 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
932507013 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
932507013 BAB 6.pdf

Download (50kB)
[img] Text
قائمة المراجع.pdf

Download (44kB)

Abstract

Upaya Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab di SMAN 1 Kandangan : Dalam dunia pendidikan, bahasa arab menjadi salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan di sekolah formal maupun non formal, khususnya sekolah berbasis Islam. Namun ada juga lembaga pendidikan yang tidak berbasis islami seperti SMA yang mengajarkan pelajaran bahasa arab dan menjadi mata pelajaran wajib di sekolah tersebut. Seperti halnya di SMAN 1 Kandangan, dimana sekolah tersebut terdapat mata pelajaran bahasa Arab sebagai mata pelajaran wajib. Dalam hal ini para pendidik dituntut untuk mampu melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan prestasi siswa belajar bahasa Arab di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang upaya guru dalam meningkatkan prestasi siswa pada pelajaran bahasa Arab serta hasil prestasi siswa di SMAN 1 Kandangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun penelitian ini mengambil latar belakang di SMAN 1 Kandangan. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Arab SMAN 1 Kandangan dan siswa kelas XII IIS 4 SMAN 1 Kandangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan dalam meningkatkan prestasi siswa pada pelajaran bahasa Arab oleh guru di SMAN 1 Kandangan yaitu Menggunakan metode pembelajaran yang sesuai, membentuk tutor sebaya, membangun motivasi bahasa arab, mengikuti les bahasa arab atau madin, membentuk lingkungan bahasa arab (biah arabiah) dikelas. Adapun prestasi siswa di SMAN 1 Kandangan Dilihat dari tingkat kelulusannya maka siswa mengalami perubahan dari nilai pre test sebesar 31% menjadi 64% dari nilai post test. Dimana upaya-upaya yang telah dilakukan oleh guru sudah berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Mar 2022 02:00
Last Modified: 15 Mar 2022 02:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3818

Actions (login required)

View Item View Item