Peran Strategi Diferensiasi Dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan (Studi Kasus Kampung Coklat Blitar)

sa'adah, Toriqotus (2020) Peran Strategi Diferensiasi Dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan (Studi Kasus Kampung Coklat Blitar). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931319315 prabab.pdf

Download (608kB)
[img] Text
931319315 bab1.pdf

Download (392kB)
[img] Text
931319315 bab2.pdf

Download (458kB)
[img] Text
931319315 bab3.pdf

Download (248kB)
[img] Text
931319315 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
931319315 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
931319315 bab6.pdf

Download (205kB)
[img] Text
931319315 daftar pustaka.pdf

Download (211kB)
[img] Text
931319315 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Diferensiasiadalah upaya dariperusahaan untuk membedakan produknya dari produk pesaing dalam suatu sifat yang membuat lebih diinginkan. Strategi diferensiasi meliputi strategi diferensiasi produk, diferensiasi pelayanan, diferensiasi personil, diferensiasi, saluran dan diferensiasi citra. Wisata Edukasi Kampung Coklat ini mulai berdiri pada 17 Agustus 2014 dan telah berhasil menerapkan strategi diferensiasi dalam menghadapi persaingan bisnis. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis Peran Strategi diferensiasi dalam meningkatkan jumlah wisatawan dengan fokus penelitian adalah (1) Bagaimana Strategi diferensiasi pada wisata edukasi Kampung Coklat Blitar; (2) Bagaimana Peran Strategi diferensiasi dalam meningkatkan jumlah wisatawan di Kampung Coklat Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana kehadiran peneliti dilapangan sangat diperlukan. Metode pengumpulan datadalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan cara triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajiandata, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian adalah 1) Kampung Coklat Blitar dalam menjalankan usaha objek wisatanya menggunakan strategi diferensiasi yang terdiri dari lima dimensi yaitu dimensi produk, pelayanan, personalia, saluran dan citra Dengan strategi tersebut perusahaan menciptakan produk-produk baru berupa destinasi wisata dan produk olahan coklat. Kampung Coklat juga berusaha untuk mengptimalkan semua dimensi diferensiasi yang dimiliki untuk meningkatkan dayatarik. Dengan cara terus mengembangkan daya tarikwisata sekreatif mungkin, membangun, melengkapi fasilitas-fasilitas untuk kenyamanan dan kepuasan pengunjung. 2).Penerapan strategi diferensiasi yang dilakukan Kampung Coklat telah memberikan peran yang sangat besar dalam meningkatkan jumlah wisatawan dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2018.Jumlah pengunjung selalu naik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 01 Dec 2021 23:47
Last Modified: 01 Dec 2021 23:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2883

Actions (login required)

View Item View Item