"تعليم النحو باستخدام طريقة "الكلام" في المدرسة معلمين معلمات التابعة غوندانغ بلوسوكلاتين كديري

Nadzifah, Fauziyath (2022) "تعليم النحو باستخدام طريقة "الكلام" في المدرسة معلمين معلمات التابعة غوندانغ بلوسوكلاتين كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932510018_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932510018_bab1.pdf

Download (296kB)
[img] Text
932510018_bab2.pdf

Download (269kB)
[img] Text
932510018_bab3.pdf

Download (373kB)
[img] Text
932510018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
932510018_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
932510018_bab6.pdf

Download (161kB)
[img] Text
932510018_daftar_pustaka.pdf

Download (221kB)
[img] Text
932510018_sp.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nadzifah, Fauziyah. 2022. Analisis Pembelajaran Nahwu Dengan Metode Kalam Di Madrasah Mu`allimin Mu`allimat Gondang Plosoklaten Kediri. Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Pembimbing: Umar Faruq, M.Fil dan Nur Hamidah, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Nahwu dan Metode Kalam. Alasan dipilihnya judul ini dilatar belakangi oleh keutamaan ketrampilan berbahasa, yaitu ketrampilan menyimak (istima`), ketrampilan berbicara (kalam), ketrampilan menulis (kitabah), ketrampilan membaca (qiro`ah). Dimana tujuan utama dari pengajaran tersebut adalah untuk menumbuhkan dan mengembangkan ketrampilan berbahasa siswa. Tujuan Penelitian ini untuk mengungkap: (1) Untuk mengetahui Metode yang di gunakan dalam pembelajaran ilmu Nahwu di Madrasah Mu`allimin Mu`allimat Gondang Plosoklaten Kediri. (2) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran Nahwu ketika menggunakan Metode ini. Peneliti menggunakan Metode penelitian kualitatif deskriptif dan pengumpulan datanya menggunakan wawancara, pengamatan, dokumentasi. Sampel penelitian terdiri dari 73 siswa siswi kelas sifir dan kelas satu di Madrasah Mu`allimin Mu`allimat Gondang Plosoklaten Kediri Jawa Timur. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Bahwa dalam proses belajar mengajar cukup baik hal ini dilihat dari aspek perencanaan program pembelajaran yang dimulai dari tujuan pembelajaran hingga evaluasi pembelajaran. Tujuan utama pada pembelajaran nahwu di madrasah Muallimin Muallimat Gondang Plosoklaten Kediri adalah menitik beratkan kepada aspek kemampuan membaca serta pemahaman kitab-kitab gundul (tanpa syakal) sesuai dengan kaidah yang berlaku. Kekurangan dalam pembelajaran nahwu dengan metode tersebut di antaranya adalah: penerapan metode yang digunakan adalah sering kali para pelajar tidak menghiraukan pelajaran maupun guru, karena sikap pelajar pasif, kalaupun ada pelajar yang berpartisipasi, jumlahnya sedikit, adanya potensi lupa terhadap kaidah yang telah dihafalnya karena mereka mengahafalkan dan menerapkan hannya di kelas sifir dan kelas satu. Dan kelebihan dalam pembelajaran nahwu dengan metode tersebut di antaranya adalah: siswa mampu menerapkan hafalannya dengan baik, Lebih mudah memahami susunan tarkib, mengembangkan kemampuankemampuan yang dimiliki oleh para peserta didik diantaranya seperti : merangkum, bertanya, mengklarifikasi, memprediksi, dan merespon.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fauziyatun Nadzifah
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:16
Last Modified: 31 Aug 2023 07:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9791

Actions (login required)

View Item View Item