منافع إستيعاب اللغة العربية لتسهيل حفظ القرآن (دراسة حالة في المعهد حملة القرآن جوكورطا جومبانج)

Azizah, Binti Agustin Nur (2022) منافع إستيعاب اللغة العربية لتسهيل حفظ القرآن (دراسة حالة في المعهد حملة القرآن جوكورطا جومبانج). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932501718_prabab.pdf

Download (703kB)
[img] Text
932501718_bab1.pdf

Download (270kB)
[img] Text
932501718_bab2.pdf

Download (458kB)
[img] Text
932501718_bab3.pdf

Download (319kB)
[img] Text
932501718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
932501718_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
932501718_bab6.pdf

Download (382kB)
[img] Text
932501718_daftar_pustaka.pdf

Download (296kB)

Abstract

ABSTRAK Binti Agustin Nur Azizah. Manfaat Penguasaan Bahasa Arab Untuk Memudahkan Menghafal Al-Qur’an (Studi Kasus Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Jogoroto Jombang, Skripsi, Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri Kata Kunci : Menghafal, Al-qur’an, Bahasa Arab Al-Qur’an adalah sumber pertama dan utama dari bahasa Arab. Dan Allah telah menurunkan Al-Qur’an dalam bahasa Arab yang jelas. Bahasa Arab adalah bahasa kontinuitas dengan hubungan yang kuat antara Islam dan bahasa AlQur’an dan hadits yang dibawa oleh Rasulullah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab, untuk mengetahui proses menghafal al Qur’an, dan untuk mengetahui manfaat mempelajari bahasa Arab dalam menghafal al Quran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data melalui pengamatan dilapangan, wawancara, dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Sebelum memulai pembelajaran, guru dan siswa membaca doa bersama dan setelah itu pembelajaran dimulai, saat pembelajaran berlangsung ada siswa yang fokus belajar, ada juga siswa yang tidak fokus karena mengantuk. Setelah itu guru mengarahkan guru untuk membaca, mengembalikan atau menghafal bahasa arab yang telah dipelajari bersama dengan tujuan memantapkan pemahamannya. Pondok pesantren hamalatul Qur’an Menggunakan metode habituasi, artinya para santri dibiasakan untuk setiap saat berinteraksi dengan Al Quran. santri dirancang untuk bisa menghafal Al-Qur’an dalam waktu kurang dari 6 bulan. Menjadi Hafidz Al-Qur’an memang tidak mudah. Namun banyak juga yang mulai belajar menghafal Al-Qur’an. Selain menghafal, Anda juga harus memahami apa isi dari ayat-ayat yang terkandung di dalamnya kemudian mengamalkannya. Tentunya anda harus fasih berbahasa arab, karena al-quran menggunakan bahasa Arab. Oleh karena itu, santri harus mengetahui pentingnya belajar bahasa Arab dalam menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Binti Agustin Nur Azizah
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:06
Last Modified: 24 Aug 2023 03:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9712

Actions (login required)

View Item View Item