Nikmah, Wasilatun (2022) فعالية طريقة تمييز لتحسين فهم القوائد لطلاب المدرسة الابتدائية (SD) في الفصل الوسطى المدرسة الدينية روضة العلم سوكارجا. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932508218_prabab.pdf Download (897kB) |
|
Text
932508218_bab1.pdf Download (365kB) |
|
Text
932508218_bab2.pdf Download (414kB) |
|
Text
932508218_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
Text
932508218_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
|
Text
932508218_bab5.pdf Download (115kB) |
|
Text
932508218_daftar_pustaka.pdf Download (226kB) |
|
Text
932508218_sp.pdf Download (175kB) |
Abstract
ABSTRAK Wasilatun Nikmah. Efektivitas pembelajaran nahwu menggunakan metode tamyiz untuk meningkatkan pemahaman qowaid pada siswa Sekolah Dasar kelas wustho Di Madrasah Diniyah Roudlotul Ilmi Sukorejo, Skripsi, Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri Kata Kunci : Efektivitas, Metode Tamyiz, Nahwu Alasan dipilihnya judul ini di latar belakangi oleh pembelajaran nahwu pada anak usia dini yang ingin menambah kepahaman qowaid dengan metode yang berbeda dari biasanya. Dimana tujuan utama dari pengajaran tersebut adalah untuk menumbuhkan dan mengembangkan kecintaan siswa pada ilmu nahwu Tujuan penelitian ini untuk mengungkap : 1) untuk mengetahui efektivitas metode tamyiz di madrasah diniyah roudlotul ilmi sukorejo, 2) untuk mengetahui efektivitas pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan metode tamyiz. Peneliti menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan tes. Sampel penelitian terdiri dari 40 siswa siswi kelas wustho madrasah diniyah roudlotul ilmi sukorejo Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses belajar mengajar cukup baik hal ini dilihat dari aspek perencanaan program pembelajaran yang dimulai dari tujuan pembelajaran hingga evaluasi pembelajaran. Tujuan utama pada pembelajaran nahwu di madrasah diniyah roudlotul ilmi sukorejo adalah menitik beratkan kepada aspek menambah kepahaman qowaid serta pemahaman kitab-kitab sesuai dengan kaidah yang berlaku. Kekurangan dalam pembelajaran nahwu dengan metode tersebut di antaranya adalah: penerapan metode yang digunakan adalah sering kali para pelajar kurang mengikuti metode pelajaran maupun guru, karena kurang konsentrasi, adanya potensi lupa terhadap kaidah yang telah dihafalnya karena mengahafalkan dan menerapkan sedikit sulit untuk anak usia dini. Dan kelebihan dalam pembelajaran nahwu dengan metode tersebut di antaranya adalah: siswa mampu menerapkan hafalannya dengan baik, Lebih mudah memahami susunan tarkib, mengembangkan kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh para peserta didik diantaranya seperti : memahami, bertanya, mengklarifikasi, memprediksi, dan merespon
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Wasilatun Nikmah |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 03:05 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 03:05 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9711 |
Actions (login required)
View Item |