Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Pada Peserta Didik Kelas Iv Di Mi Al-Falah Pagu Wates Kab. Kediri

Latifah, Binti Ma'rifatul (2022) Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Pada Peserta Didik Kelas Iv Di Mi Al-Falah Pagu Wates Kab. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932600518_bab1.pdf

Download (170kB)
[img] Text
932600518_bab2.pdf

Download (342kB)
[img] Text
932600518_bab3.pdf

Download (116kB)
[img] Text
932600518_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932600518_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
932600518_bab6.pdf

Download (33kB)
[img] Text
932600518_daftarpustaka.pdf

Download (158kB)
[img] Text
932600518_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (117kB)

Abstract

BINTI MA`RIFATUL LATIFAH, Dosen Pembimbing Dr. M. Ilman Nafi`an, M.Pd. dan Choirul Annisa, M.Pd. : Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan pada Peserta Didik Kelas IV di MI Al-Falah Pagu Wates Kab. Kediri, Provinsi Jawa Timur, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata kunci: Kesalahan, Soal Cerita, Prosedur Newman Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV MI Al Falah Pagu Wates pada pembelajaran matematika khususnya pada materi pecahan. Permasalahan yang ada dalam hal ini adalah apa saja jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan serta apa penyebab dari kesalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik serta mengetahui penyebab munculnya kesalahan tersebut. Prosedur yang digunakan untuk melakukan analisis kesalahan peseta didik ini yaitu prosedur Newman. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes, analisis hasil tes dan wawancara dengan 2 orang subjek penelitian ini yang merupakan peserta didik kelas IV MI Al Falah Pagu Wates yang telah dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. teknik analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan pada penelitian ini menggunakan tektik triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa bentuk kesalahan yang dilakukan subjek penelitian meliputi kesalahan dalam membaca lambang bilangan tertentu, kesalahan dalam memahami informasi dalam soal, kesalahan menransformasikan informasi pada soal ke bentuk matematis, kesalahan dalam proses perhitungan pecahan dan kesalahan menuliskan kesimpulan jawaban akhir. Dalam penelitian ini diperoleh pula hasil mengenai faktor penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik yaitu tidak teliti, tidak memahami masalah dalam soal dan tidak menggunakan kaidah matematika dengan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Binti Ma'rifatul Latifah
Date Deposited: 15 Aug 2023 06:37
Last Modified: 16 Aug 2023 06:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9636

Actions (login required)

View Item View Item