Perilaku Konsumen Muslim Terhadap Pembelian Diamond Game Online Free Fire Perspektif Konsumsi Islam (Studi Kasus Zxero Store Desa Turus Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri)

Latifah, Uswatun (2022) Perilaku Konsumen Muslim Terhadap Pembelian Diamond Game Online Free Fire Perspektif Konsumsi Islam (Studi Kasus Zxero Store Desa Turus Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931325818_prabab.pdf

Download (349kB)
[img] Text
931325818_bab1.pdf

Download (387kB)
[img] Text
931325818_bab2.pdf

Download (398kB)
[img] Text
931325818_bab3.pdf

Download (103kB)
[img] Text
931325818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[img] Text
931325818_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
931325818_bab6.pdf

Download (85kB)
[img] Text
931325818_daftarpustaka.pdf

Download (215kB)
[img] Text
931325818_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Perilaku Konsumen, Game Online, Konsumsi Islam Pengaruh perilaku konsumen dalam pembelian diamond free fire terhadap kehidupan masyarakat khususnya anak muda kerap menimbulkan pengaruh yang konsumtif terhadap game itu sendiri. Dapat dikatakan bahwa pembeli tidak hanya melakukan pembelian diamond sesekali namun berulang kali cenderung menjadi ketagihan akan halnya pembelian diamond. Bahkan anak yang dibawah umur melakukan pembelian diamond yang harganya tidak sedikit tanpa sepengetahuan orang tuanya sehingga orang tua tidak tau tagihan apa yang dilakukan anaknya. Perilaku menjadi lalai, malas belajar, lupa ibadah, lupa waktu, pergaulan tidak terkontrol, agresif, suka berbicara kasar, mengganggu kesehatan fisik dan psikologis, sehingga membuat orangtua cemas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara Konsumen dan Owner Zxero Store, sedangkan data sekunder diperoleh menggunakan metode dokumentasi. Untuk menganalisis data penulis menggunakan teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang sistematis dan aktual dengan melalui tiga cara yakni: reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Adapun hasil dari penelitian ini konsumen zxero store dalam melakukan pembelian diamond game online Free Fire termasuk ke dalam jenis konsumen yang rasional dan irrasional. Perilaku konsumen dalam top up diamond yang irrasional atau konsumtif tidak sesuai dengan prinsip prinsip syariah pada ayat al-quran Al-Isra’ ayat 27 tentang larangan israf (boros dan berlebih-lebihan), namun ada konsumen rasional yang top up secukupnya. Motivasi dalam hal ini adalah faktor budaya atau faktor sosial dan faktor pribadi. Sedangkan faktor timbulnya perilaku konsumtif dalam hal ini adalah hadirnya event menarik yang selalu berganti dan keinginan untuk tidak ketinggalan event tersebut atau gengsi. Perilaku Zxero Store yang mempunyai sifat irrasional belum memaksimalkan prinsip dari konsumsi Islam yaitu prinsip kesederhanaan, dimana rela mengeluarkan harta yang terus berulang hanya untuk memenuhi kegengsian atau keinginan dan bukan kebutuhanya. Sedangkan perilaku konsumen yang rasional masih sesuai dengan prinsip konsumsi islam seperti prinsip syariah, prinsip kesederhanaan dan prinsip moralitas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Uswatun Latifah
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:34
Last Modified: 01 Aug 2023 06:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9339

Actions (login required)

View Item View Item