Mustofa, Abdur Rohman (2023) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Berkonteks Budaya Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932307719_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932307719_bab1.pdf Download (268kB) |
|
Text
932307719_bab2.pdf Download (237kB) |
|
Text
932307719_bab3.pdf Download (361kB) |
|
Text
932307719_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) | Request a copy |
|
Text
932307719_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
|
Text
932307719_BAB 6.pdf Download (335kB) |
|
Text
932307719_daftarpustaka.pdf Download (328kB) |
|
Text
932307719_sp.pdf Download (317kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam memecahkan masalah berkonteks budaya ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis dan wawancara yang telah divalidasi oleh ahli, member check, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling yang dilakukan di MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri yang berjumlah 29 siswa. Setelah peneliti melakukan tes tulis pada seluruh siswa, dipilih empat subjek yang terdiri dari dua subjek laki-laki dan dua subjek perempuan dengan hasil nilai tes tulis yang tertinggi. Empat subjek tersebut akan dianalisis dan di wawancara berdasarkan instrumen yang sudah disusun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) subjek laki-laki tidak memenuhi indikator 1 kemampuan komunikasi matematis. Terdapat subjek laki-aki yang tidak memenuhi indikator 2, namun juga terdapat subjek laki-laiki yang memenuhi. Subjek laki-laki memenuhi indikator 3. Subjek laki-laki memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis yang kurang baik. (2) subjek perempuan memenuhi ketiga indikator komunikasi matematis tulis yang baik. Berdasarkan penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada guru supaya memberikan perlakuan yang berbeda antara siswa laki-laki dan perempuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Salah satu contoh perlakuan yang dimaksud seperti menerapkan model pembelajaran CORE dengan pendekatan scientific kepada siswa laki-laki.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Abdur Rohman Mustofa |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 06:34 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 06:34 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9264 |
Actions (login required)
View Item |