Miftahurrohmah, Nurul Maula (2023) Implementasi pembelajaran bahasa arab berbasis TPACK di MTSN 4 Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
932513019_suratpernyataan.pdf Download (800kB) |
|
Text
932513019_prabab.pdf Download (437kB) |
|
Text
932513019_bab1.pdf Download (256kB) |
|
Text
932513019_bab2.pdf Download (340kB) |
|
Text
932513019_bab3.pdf Download (255kB) |
|
Text
932513019_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
|
Text
932513019_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
|
Text
932513019_bab6.pdf Download (228kB) |
|
Text
932513019_daftarpustaka.pdf Download (271kB) |
Abstract
Penelitian ini akan membahas mengenai implementasi pembelajaran berbasis TPAK (Tecnological Pedagogical And Content Knowledge) dalam mata pelajaran bahasa arab di MtsN 4 Bojonegoro, di era pesatnya perkembangan teknologi khususya di bidang pendidikan pemanfaatan teknologi menjadi salah satu tugas yang harus di pelajari bukan hanya dari peserta didik tetapi juga dengan para pendidik yang kemudian di implementasikan pada pembelajaran yang menyatukan unsur teknologi , pengetahuan pedagogik dan pengetahuan konten yang terangkum dalam pembelajaran berbasis TPACK . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mulai dari perencanaan pembelajaran hingga hasil dari pembelajaran di era digitalisasi dengan memanfaatkan berbagai media dan juga platfrm dan teknlgi infrmasi lainnya. pesatnya perkembangan teknologi informasi mampu membantu dalam memudahkan dalam kegiatan pembelajaran khususnya dalam mata pelajaran bahasa arab, dengan memanfaatkan berbagai fitur yang ada pada platfrm dapat di manfaatkan sebagai sarana mengembangan materi peserta didik. Jenis penelitian yang di gunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus yaitu dimana peneliti melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap satu orang atau lebih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran bahasa Arab di MTSN 4 dimulai dengan penyusunan RPP dengan mengandung unsur tpack dengan memanfaatkan teknologi yang ada dan memanfaatkan platform yang dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Kemudian penerapan pembelajaran bahasa arab yang mengandung unsur atau aspek tpack dalam pelaksanaannya yaitu teknologi, pengetahuan pedagogik dan konten. Hasil pembelajaran berbasis tpack cukup efektif dalam membantu pendidik dan peserta didik dalam kbm, namun dalam proses penerapanya terdapat faktor yang menjadi penghambat, salah satunya adalah kurangnya fasilitas jaringan internet yang lancar sehingga menghambat berjalannya pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Nurul Maula Miftahurrohmah |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 02:05 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 02:05 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9102 |
Actions (login required)
View Item |