Nur'aini, Indah Cindi (2023) الأخطاء في استماع اللغة العربية لطالبات الصف الثاني من المعهد الإسلامى مطلب السالك غانجوك. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932500619_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932500619_bab1.pdf Download (922kB) |
|
Text
932500619_bab2.pdf Download (907kB) |
|
Text
932500619_bab3.pdf Download (890kB) |
|
Text
932500619_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (846kB) |
|
Text
932500619_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (849kB) |
|
Text
932500619_bab6.pdf Download (420kB) |
|
Text
93250619_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Indah Cindi Nur’aini, Pembimbing Skripsi: AhmadSholihuddin, M.Pd dan M. Syamsul Ma’arif, M.Pd.I Kesalahan Menyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Santriwati Kelas 2 Pondok Pesanten Matlabus Salik Nganjuk, Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023 Kata Kunci: Kesalahan Menyimak, Bahasa Arab Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kewajiban seluruh santri untuk menggunakan dua bahasa (bahasa Arab, bahasa Ingggris) di Pondok Pesantren Matlabus Salik Nganjuk. Praktiknya, dalam percakapan sehari-hari mereka masih terpengaruhi dengan bahasa yang mereka kuasa i sejak kecil (bahasa Indonesia). Penguasaan bahasa seorang pembelajar kurang seimbang, yaitu kesalahan berbahasa khususnya kesalahan menyimak. Adapun fenomena kesalahan menyimak ini adalah topic penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bentuk-bentuk kesalahan menyimak bahasa Arab santriwati kelas 2 Pondok Pesantren Matlabus Salik Nganjuk, (2) faktor-faktor penyebab kesalahan menyimak, dan (3) upaya untuk mengatasi kesalahan menyimak bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sedangkan pengumpulan datanya dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kesalahan berbahasa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Bentuk kesalahan menyimak bahasa Arab yang terjadi pada santriwatikelas 2 Pondok Pesantren Matlabus Salik Nganjuk dikelompokan menjadi 2, yaitu kesalahan membedakan bunyi huruf hijaiyah dan kesalahan memahami isi bacaan yang diperdengarkan. (2) Faktor penyebab kesalahan menyimak bahasa Arab adalah asal sekolah, pelafalan huruf yang hampir sama, kurannya konsentrasi, dan belum mengenal mufrodat yang diperdengarkan. (3) Upaya yang telah dilakukan guru adalah memaksimalkan sarana dan prasarana yang tersedia, dan memberi motivasi serta apresiasi kepada santriwati.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Indah Cindi Nur'aini |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 07:33 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 07:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9047 |
Actions (login required)
View Item |