Latifah, Siti Jamilatul (2023) المدخل الذكائ العاطفي في تعلم اللغة العربية في الفصل العاشر في المدرسة الثانوية دعوة الخير كرتوسونو عانجوك. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932507719_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932507719_bab1.pdf Download (1MB) |
|
Text
932507719_bab2.pdf Download (1MB) |
|
Text
932507719_bab3.pdf Download (1MB) |
|
Text
932507719_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932507719_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932507719_bab6.pdf Download (1MB) |
|
Text
932507719_daftar_pustaka .pdf Download (1MB) |
|
Text
932507719_sp.pdf Download (337kB) |
Abstract
Pada era sekarang banyak orang beranggapan bahwa faktor penentu keberhasilan dalam pembelajaran adalah kecerdasan intelektual. Padahal faktanya dalam pembelajaran di sekolah banyak ditemukan siswa dengan kecerdasan intelektual yang tinggi akan tetapi prestasi belajarnya rendah begitupun sebaliknya.Menurut Daniel Goleman,emosional mengacu pada perasaan dan pikiran yang khas, keadaan biologis dan psikologis dan serangkaian kecenderungan untuk bekerja. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat Kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan kecerdasan emosional dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas X Madrasah Aliyah Da’watul khoir Kertosono Nganjuk dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran bahasa arab di kelas X Madrasah Aliyah Da’watul Khoir Kertosono Nganjuk. Subjek penelitian ini adalah kelas X yang berjumlah 23 siswa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan kecerdasan emosional dalam pembelajaran bahasa arab di kelas X memberikan hasil yang positif dan baik. Hal yang dilakukan guru dalam pendekatan kecerdasan emosional adalah menstabilkan emosi siswa terlebih dahulu dengan mengalihkan kefokusan siswa, mengontrol emosi diri dan berfikir sebelum bertindak, selalu memberikan motivasi bahwa bahasa arab tidaklah sesulit yang dibayangkan, peduli dengan perasaan siswa dan toleransi terhadap pendapatnya,menganggapnya teman, memberikan kesempatan berkeliling kepada siswa satu kesiswa lainnya dan menanyai apa yang belum difahami Faktor yang mempengaruhi pendekatan kecerdasan emosional ada 2 yaitu dari faktor pendukung, misal suasana hati siswa dan kegiatan yang menyenangkan, niat siswa, kamus,guru harus berani berjuang dan kesehatan jasmani rohani siswa. Sedangkan dari faktor penghambat, misal fasilitas sekolah yang kurang memadai, kurangnya bekal siswa di lembaga pendidikan sebelumnya, faktor pergaulan di sekolah dan rumah, latar belakang siswa, waktu belajar didalam kelas, dan motivasi dari dirinya sendiri dan keluarganya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siti Jamilatul Latifah |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 06:42 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 07:17 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8962 |
Actions (login required)
View Item |