فعالية إستراتيجية LRD استمع، واقرأ، وناقش لترقية قدرة مهارة القراءة لدى الطلاب بمدرسة دار المغفرة الدينية ببوجونيغور

Wahyuni, Tri (2022) فعالية إستراتيجية LRD استمع، واقرأ، وناقش لترقية قدرة مهارة القراءة لدى الطلاب بمدرسة دار المغفرة الدينية ببوجونيغور. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932509318_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932509318_bab1.pdf

Download (494kB)
[img] Text
932509318_bab2.pdf

Download (534kB)
[img] Text
932509318_bab3.pdf

Download (437kB)
[img] Text
932509318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)
[img] Text
932509318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
932509318_bab6.pdf

Download (321kB)
[img] Text
932509318_daftar pustaka.pdf

Download (343kB)
[img] Text
932509318_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932509318_sp.pdf

Download (357kB)

Abstract

ABSTRAK TRI WAHYUNI, Dosen Pembimbing Dr. Hj. NURUL HANANI, M.HI. dan Dr. MUHAMMAD ANANG FIRDAUS, M.Pd. Efektivitas Strategi Pembelajaran LRD (Dengarkan, Baca, Dan Diskusikan) Dalam Meningkatkan Kemampuan Maharah Qira’ah Santri Madrasah Diniyah Darul Maghfiroh Bojonegoro. Pendidikan Bahasa Arab. Tarbiyah IAIN Kediri 2022. Kata Kunci: Strategi LRD, Maharah Qira’ah Pembelajaran bahasa Arab sangat diperlukan sekali di era modern saat ini. Keterampilan berbahasa yang disajikan dalam pembelajaran bahasa Arab di lembaga pendidikan formal maupun non formal meliputi keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penerapan strategi pembelajaran LRD dalam meningkatkan kemampuan maharah qira’ah santri Madrsah Diniyah Darul Maghfiroh Bojonegoro. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif pretest posttest control quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini santri madrasah diniyah darul maghfiroh yang berjumlah 30 santri yang terdiri dari dua kelas. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest-posttest kemampuan maharah qira’ah Madrasah Diniyah Darul Maghfiroh Bojonegoro adalah 56,53 dan 89,27. Sedangkan rata-rata pretest-posttest kelas control adalah 51,87 dan 69,40. Kemudian untuk hasil uji paired sample test diperoleh hasil nilai sig (2-tailed) adalah 0,000 dimana 0,000 < 0,005. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dari penerapan strategi pembelajaran LRD.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Tri Wahyuni
Date Deposited: 03 Jul 2023 06:32
Last Modified: 06 Jul 2023 03:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8848

Actions (login required)

View Item View Item