Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII Di MTs Roudlotul Ulum Jombang

Indriani, Yeni (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII Di MTs Roudlotul Ulum Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932130819_prabab.pdf

Download (790kB)
[img] Text
932130819_bab1.pdf

Download (365kB)
[img] Text
932130819_bab2.pdf

Download (364kB)
[img] Text
932130819_bab3.pdf

Download (481kB)
[img] Text
932130819_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
932130819_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
932130819_bab6.pdf

Download (192kB)
[img] Text
932130819_daftarpustaka.pdf

Download (311kB)
[img] Text
932130819_suratpernyataan.pdf

Download (186kB)

Abstract

ABSTRAK Yeni Indriani, Dosen Jerhi Wahyu Fernanda, M.Si dan Maimunatun Habibah, M.Pd.I : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII Di MTs Roudlotul Ulum Jombang, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Student Team Achievement Division (STAD) Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) adalah pembelajaran kooperatif yang menggunakan kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 siswa dengan kemampuan akademik yang berbeda, yang dipilih secara heterogen dari setiap kelompok, untuk berkerja sama dalam menyesuaikan tujuan yang ada dalam pembelajaran. Model pembelajaran STAD merupakan tipe pembelajaran kooperatif yang menitikberatkan pada interaksi dan aktivitas antar siswa dengan tujuan untuk saling memotivasi serta saling membantu dalam memahami materi agar tercapai hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Roudlotul Ulum Jombang pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Eksperimen dengan jenis penelitian True Experimental Design dan dengan desain Post-test Only Control Group Design (Eksperimen Sederhana). Popolasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Roudlotul Ulum Jombang dengan total keseluruhan 88 siswa yang terdiri dari tiga kelas (VIII A, VIII B dan VIII C). Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple random sampling (sampel acak sederhana) artinya pemilihan sampel secara acak dari popolasi dipilih dua kelas yakni kelas eksperimen dengan diajarkan menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), dan kelas kontrol dengan diajarkan menggunakan model konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan terhadap uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t yakni independent sample t-test mendapatkan nilai sebesar 0,000. Karena nilai (sig 2-tailed) kurang dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berpengaruh terhadap hasil belajar Akidah Akhlak ditinjau dari nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 84,22 dan kelas kontrol 70,48 maka peningkatan skor siswa ketika diberi model STAD akan meningkat sebesar 14, artinya rata-rata model STAD lebih tinggi dari model konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yeni Indriani
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:22
Last Modified: 27 Jun 2023 04:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8797

Actions (login required)

View Item View Item