Ulirrosyidah, Ulfiyatul Aulia (2023) تطبيق طريقة المباشرة في تعليم مهارة الكلام لدى طلاب "ج" بالمدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية الثالثة كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932503519_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
932503519_bab1.pdf Download (2MB) |
|
Text
932503519_bab2.pdf Download (2MB) |
|
Text
932503519_bab3.pdf Download (2MB) |
|
Text
932503519_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932503519_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932503519_bab6.pdf Download (381kB) |
|
Text
932503519_daftarpustaka.pdf Download (428kB) |
Abstract
ABSTRAK Ulfiyatul Aulia Ulirrosyidah. 2023. Implementasi Metode Langsung Pada Pembelajaran Keterampilan Berbiacara Kelas VIII C di MTsN 3 Kota Kediri, Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Pembimbing (1) Khirun Nida, M.Pd dan (2) Ratna Saidah, M.Ag Kata kunci : keterampilan berbicara, metode langsung Dalam pembelajaran bahasa arab, ada empat keterampilan yang harus dikuasai setiap murid. Salah satunya adalah keterampilan berbicara. Di kelas VIII C MTsN 3 Kota Kediri, keterampilan berbicara adalah keterampilan yang tidak diinginkan bagi siswa dan dianggap sulit oleh beberapa siswa. Hal ini disebabkan karena adanya latar belakang siswa yang berbeda. Oleh karena itu, guru bahasa arab di MTsN 3 Kota Kediri menerapkan metode langsung dalam mempelajari keterampilan berbicara. Metode langsung adalah suatu cara menyajikan materi pelajaran bahasa asing dengan langsung menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa pengantar tanpa menggunakan bahasa ibu dalam kegiatan pembelajaran bahasa. Metode langsung bertujuan agar para pelajar mampu berkomunikasi dengan bahasa asing yang dipelajarinya. Peserta didik benar-benar dikondisikan untuk menerima dan bercakapcakap dalam bahasa asing dan dilarang menggunakan bahasa lain. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatir dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, penliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa arab kelas VIII dan salah satu murid kelas VIII. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah penggunaan metode langsung dalam mempelajari keterampilan berbicara pada kelas VIII C MTsN 3 Kota Kediri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam setiap proses pembelajaran bahasa arab, dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung diantaranya adalah tenaga pengajar atau guru, dan lingkungan atau suasana kelas yang mendukung atau menyenangkan. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi 2 faktor, yaitu problematika yang berasal dari bahasa itu sendiri atau linguistik, dan problematika yang berasal dari luar bahasa Arab atau non linguistik. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa belajar keterampilan berbicara dengan metode langsung diawali dengan persiapan, seperti menyusun kurikulum, RPP, dan penyusunan materi yang akan diajarkan. Kemudian langkahlangkah implementasinya yaitu guru memulai pelajaran dengan menggunakan bahasa pengantar yaitu bahasa arab dan dilanjutkan dengan menjelaskan mufrodat dengan bahasa arab kemudian siswa menyebutkan mufrodat tersebut dengan bahasa arab.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ulfiyatul Aulia Ulirrosyidah |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 06:43 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 06:43 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8793 |
Actions (login required)
View Item |