Strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjung melalui analisis swot (studi kasus pada Wisata Sumber Sugih Waras Ngadiluwih, Kediri)

Indriani, Marsela (2023) Strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjung melalui analisis swot (studi kasus pada Wisata Sumber Sugih Waras Ngadiluwih, Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931316018_prabab.pdf

Download (862kB)
[img] Text
931316018_bab1.pdf

Download (548kB)
[img] Text
931316018_bab2.pdf

Download (287kB)
[img] Text
931316018_bab3.pdf

Download (54kB)
[img] Text
93131601_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
931316018_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
931316018_bab6.pdf

Download (85kB)
[img] Text
931316018_daftarpustaka.pdf

Download (158kB)
[img] Text
931316018_suratpernyataan.pdf

Download (145kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Peningkatan Pengunjung. Wisata Sumber Sugih Waras adalah sebuah wisata alam dan buatan yang berada di Desa Dukuh Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Wisata ini adalah unit wisata yang dikelola oleh desa. Jumlah pengunjung Wisata Sumber Sugih Waras setiap tahun mengalami kenaikan, namun jika dilihat dari segi pemasaran dan promosi yang dilakukan masih kurang maksimal. Ada beberapa hal yang seharusnya dilakukan perbaikan atau dibenahi. Oleh karena itu dari sini penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan fokus penelitian. Pertama,Bagaimana strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah pengunjung Wisata Sumber Sugih Waras. Kedua, Bagaimana strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah pengunjung Wisata Sumber Sugih Waras melalui analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus (field research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah sumber data primer yang didapat melalui pengelola,karyawan,dan pengunjung Wisata Sumber Sugih Waras. Sumber data sekunder didapat melalui buku,jurnal maupun dokumentasi perusahaan. Observasi, wawancara, dokumentasi digunakan dalam pengumpulan data.Tahap-tahap penelitian terdiri atas pra lapangan,lapangan, paska lapangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan pengelola Wisata Sumber Sugih Waras adalah menggunakan marketing mix 7P. untuk segi product, price, promotion, place, people, physical evidence, process. Wisata Sumber Sugih Waras secara umum sudah melakukan strategi sebagaimana teori, namun untuk peningkatandan perbaikan ada beberapa hal yang perlu dilakukan evaluasi dan perbaikan hal ini bertujuan agar terjadinya peningkatan jumlah pengunjung setiap tahunnya. Dari segi price tiket masuk Wisata Sumber Sugih Waras masih relatif mahal untuk masyarakat apalagi golongan ekonomi menengah ke bawah. Promotion yang dilakukan Wisata Sumber Sugih Waras juga masih kurang maksimal hal ini ditandai dengan pasifnya pengelola untuk mempromosikan. Secara physical evidence, masih kurang untuk pemanfaatan ligkungan Wisata, belum maksimalnya media promosi menggunakan brosur dan pamflet, pakaian karyawan yang tidak serasi. Strategi yang dapat digunakan Wisata Sumber Sugih Waras berdasarkan matriks SWOT yaitu dengan melakukan kerjasama dengan beberapa pihak, membentuk tim marketing, melakukan pelatihan karyawan, pemaksimalan promosi, serta mediasi bersama pengelola untuk menyelesaikan suatu persaingan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Marsela Andriani
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:32
Last Modified: 05 Jun 2023 01:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8500

Actions (login required)

View Item View Item